KPK IKLAN

Pangdam 1/BB Melantik Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, SSos Memangku Jabatan Dandim 0201

Medan – Forumkeadilan.com. Pangdam 1/BB Mayjen TNI MS Fadhilah melantik Kolonel Inf Roy Hansen Sinaga SSos, sebagai Komandan Kodim (Dandim) 0201, Medan, Sumatera Utara untuk mengomandoi wilayah teritorial Kota Medan dan sekitarnya itu.

Pelantikan dan serah terima jabatan Dandim 0201/BS ini digelar bersamaan dengan pelepasan lima perwira Kodam I/BB, di Balai Prajurit Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan.Senin (5/8/2019).

Roy Sinaga –begitu sapaan akrabnya– merupakan perwira menengah TNI AD dengan kecakapan beragam, mulai dari bidang intelijen, operasi, personalia, maupun perencanaan.Sebelum dipromosikan sebagai Komandan Kodim 0201/BS, Roy Hansen J Sinaga adalah Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) I/BB menggantikan posisi Kolonel Inf Edy Hartono.

Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, SSos, secara resmi memangku amanah jabatan sebagai Komandan Kodim (Dandim) 0201/, Medan, Sumatera Utara sejak Senin (5/8/2019). Setelah dilantik dan dipercaya Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah untuk mengomandoi wilayah teritorial Kota Medan dan sekitarnya itu.

Selama dipimpin Roy, prestasi Pendam I/BB memang layak diacungi jempol. Banyak perubahan-perubahan yang menonjol membawa harum nama Kodam I/BB. Salah satunya Roy berhasil menjuarai karya tulis jurnalistik Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahun 2018 mengungguli seluruh Kapendam yang ada di Indonesia meski baru setahun menjabat.

Prestasi lainnya yang menonjol dari pria kelahiran Jakarta 26 Mei 1976 adalah berhasil mengantarkan tim bola basket remaja asuhannya, Halilintar Binjai Basketball Club menjuarai Turnamen Merpati Hoops National Invitation 2018 di Denpasar dan 8 Besar the 7th Asia Pacific Youth Basketball Cup di United World College dan Tanglin Trust School Singapura Oktober 2018 Arbituren.

Selain itu, sejak jabatan Kapendam dipegang mantan Dandim 0203/Langkat ini, sinergi antara awak media dan Pendam I/BB semakin kental. Perwira abituren Akademi Militer 1997 jebolan Lembah Tidar Magelang ini selalu menjadi pendamping setia Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah, kemanapun tugas.

Seperti dalam kunjungan kerja Presiden RI Ir Joko Widodo dan kunker Panglima TNI di wilayah teritorial Kodam I/BB, Roy Hansen J Sinaga selalu ikut mendampingi Pangdam I/BB.Karier dan track record Roy Hansen J Sinaga dalam dunia militer benar-benar patut dibanggakan sehingga pantas menjabat posisi strategis di Kota Medan.

Sebelum menjabat Kapendam I/BB, pria kelahiran Jakarta, 26 Mei 1976 ini pernah berdinas sebagai Wakil Asintel Kasdam I/BB, setelah sebelumnya menjabat sebagai Dandim 0203/Langkat. Abituren Akmil 1997 ini menggantikan rekan satu lettingnya di Kawah Candradimuka Magelang, yakni Kolonel Inf Yuda Rismansyah, yang selanjutnya mendapat promosi jabatan sebagai Aspers Kasdam Jaya.

Foto Humas Kodam 1/BB

Lahir di Jakarta pada 25 Mei 1976 dari pasangan ayah bernama, MD Sinaga, dan ibu bernama, Lusia br Tamba, Roy justru menghabiskan masa sekolah dan remajanya di Kota Belawan, dan Kota Medan, Sumatera Utara. Ini terlihat dari rekam jejak pendidikannya yang memulai sekolah dasar di SDN 060966 Belawan (tamat 1988). Kemudian SMPN Labuhan Deli, Kampung Besar Labuhan Deli (tamat 1991), dan SMA RK Budi Murni–2 Jln Timor Medan (tamat 1994).

Selesai sekolah menengah atas, Roy Sinaga langsung mendaftarkan diri ke Akademi Militer Magelang (dulu masih bernama Akabri), dan dinyatakan lulus dengan pangkat Letnan Dua (Letda) pada 18 Desember 1997.
Sang Kolonel Siaran di Radio.

Sejak saat itu, Roy Sinaga terus berkiprah dan meniti karir di dunia militer. Mulai dari mengikuti pendidikan Sussarcab Infanteri, Kibi AD dan Combat Intel di tahun 1988, penugasan Operasi Tim-Tim tahun 1999, Suspapen tahun 2001, dan penugasan Ops Lihkam Maluku tahun 2003.

Tak cukup sampai di situ, Roy Sinaga yang kala itu sudah menyandang pangkat Kapten, masih melanjutkan pendidikan ke Susdankipan di tahun 2004, dan penugasan Operasi Pamtas RI-RDTL tahun 2006. Tak hanya pendidikan di bidang kemiliteran, seperti Selapa Infanteri tahun 2007, Seskoad tahun 2013, dan Suspaintelstrat Bais TNI tahun 2017 yang terus ditempuh Roy Sinaga.

Pendidikan di bidang umum juga tak ia lupakan. Setidaknya ini dibuktikan dengan titel S-1 dari STIA Cimahi, Jawa Barat yang disandangnya pada 2009. Dengan beragam tugas, pendidikan dan penugasan yang pernah singgah dalam hidup dan karir militernya, tak heran kalau Roy Sinaga akhirnya mendapatkan sejumlah jabatan dan tanda jasa dari negara, seperti Satya Lencana Seroja, Satya Lencana Kesetiaan VIII Tahun, Satya Lencana Kesetiaan XVI Tahun, Satya Lencana Dwijasista, dan Satya Lencana Dharma Nusa.

Di bidang militer, suami dari Ny Jacqueline, BSC ini memulai karir dari jabatan Pama Pussenif tahun 1997. Kemudian Dankipan A Yonif 744/SBY tahun 2003, Kemudian Gumil Gol VI Depjuang Secapa AD tahun 2007. Pamen Secapa (Dik Sesko) tahun 2013, Kasmin Pangdam I/BB tahun 2013, Dandim 0203/Langkat tahun 2015, Waasintel Kasdam I/BB tahun 2016, dan Kapendam I/BB mulai 29 Juni 2018.
Kini, ayah dari Ruby Valeria dan Jade Emerald ini telah mendapat amanah dan kepercayaan baru dari pimpinan TNI AD. Jabatan Dandim 0201/BS yang mulai dipegang sejak 5 Agustus 2019.

Perwira Menengah dengan tiga bunga melati di pundak ini dikenal akrab dengan kalangan wartawan yang biasa melakukan liputan di Kota Medan, khususnya wartawan yang sering mengonfirmasi kebenaran segala hal terkait Kodam I/BB.
Dibawah bimbingan komando Kolonel Roy, Penerangan Kodam I/BB tampak lebih segar lantaran sosoknya yang terbilang muda, barangkali membuatnya begitu mudah masuk ke pergaulan wartawan.

Setahun lebih menjabat Kapendam I/BB, Roy Hansen J Sinaga dipromosikan untuk menjabat Komandan Kodim 0201/BS, menggantikan posisi Kolonel Inf Yudha Rismansyah yang akan menempati posisi baru sebagai Aspers Kodam Jaya/Jayakarta. Sedangkan pengganti Roy Hansen J Sinaga. S. Sos dipercayakan kepada Kolonel Inf Zeni Djunaidhi SSos MSi.

Pada kesempatan itu, dalam sambutannya, Pangdam Mayjen MS Fadhilah mengucapkan selamat jalan dan selamat bertugas di tempat yang baru. Pangdam juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang sebesar-besarnya atas dedikasi dan pelaksanaan tugas selama ini. “Tetaplah menjadi prajurit sejati di manapun bertugas,” pesan mantan Kapuspen TNI ini mengakhiri.

Hadir di acara itu, antara lain, Kasdam I/BB, Brigjen TNI Hassanudin SIP, Irdam I/BB, Asrendam I/BB, Kapok Sahli Pangdam I/BB, para Asisten Kasdam dan Kabalak, para Danyon dan Ketua Persit KCK PD I/BB beserta pengurus. Bagi Hansen, menjadi Komandan Distrik Militer (Dandim) bukanlah tantangan yang baru.

Sebelum menjadi Kapendam, ia sempat menjabat sebagai Dandim 0203/ Langkat dan berlanjut sebagai Wakil Asisten Intelijen Kasdam I/BB dengan pangkat Letnan Kolonel.
Ia mengatakan mutasi atau rotasi jabatan di lingkungan tugas adalah hal yang biasa dan bagian dari dinamika tugas.

Tentunya, pertukaran jabatan ini adalah bagian untuk menunjang tugas pengabdian dan karir kemiliteran untuk jadi lebih baik di masa mendatang. “Dalam tugas sebagai kepala penerangan, saya menyampaikan maaf dan terima kasih kepada jajaran personel Pendam I/BB dan insan pers unit Kodam I/BB yang memba Ia mengatakan mutasi atau rotasi jabatan di lingkungan tugas adalah hal yang biasa dan bagian dari dinamika tugas.

Tentunya, pertukaran jabatan ini adalah bagian untuk menunjang tugas pengabdian dan karir kemiliteran untuk jadi lebih baik di masa mendatang. “Dalam tugas sebagai kepala penerangan, saya menyampaikan maaf dan terima kasih kepada jajaran personel Pendam I/BB dan insan pers unit Kodam I/BB yang membantu saya selama ini,” ujar Roy.

Meski begitu, ia menegaskan untuk terus menjaga silahturahmi antara insan media Kodam I/BB dan membuka diri kepada para wartawan khususnya terkait pemberitaan.
“Kita berharap, kepada Kapendam I/BB yang baru bisa meneruskan program yang selama ini direncanakan dan tetap menjalin hubungan baik dengan insan media sebagai corong dalam pemberitaan kegiatan di lingkungan Kodam I/BB,” terangnya.
Sebagai ungkapan selamat datang dan bertugas, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH memakaikan seperangkat pakaian adat Melayu kepada Dandim 0201/BS yang baru tersebut.

Di dampingi istri tercinta, Dandim kemudian menyampaikan kata sambutan yang diawali dengan pemaparan secara singkat riwayat jabatannya. Roy Jansen J Sinaga berharap seluruh unsur Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Medan dapat bekerjasama untuk menciptakan Kota Medan yang semakin kondusif Pria kelahiran Belawan itu selanjutnya minta dukungan penuh Wali Kota bersama unsur Forkopimda Kota Medan lainnya beserta seluruh lapisan masyarakat. “Mohon arahan dan bimbingan dari semua.

Sebab, tanpa dukungan penuh tentunya amanah yang saya emban sebagai Dandim 0201/BS tentunya tidak dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya. Kami ini adalah potongan kertas yang akan melengkapi potongan-potongan kertas lainnya,”kata Dandim.

Selanjutnya, Dandim mengajak semua pihak untuk bekerjasama untuk menjaga kekondusifan Kota Medan, sebab Medan merupakan rumah bersama. “Kami hadir di kota Medan, terima kami sebagai warga kota Medan. Selanjutnya mari kita berkerjasama untuk menjaga keamanan dan kekondusifan Medan Rumah Kita,” ungkapnya.

Selain Wali Kota, acara ramah tamah juga dihadiri Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto, Kajari Medan Dwiharto SH MH, Dandenpom I/5 Medan Letkol CPM Anggun Henriyantoro. Kapolres Belawan AKBP Ikhwan Lubis, Danyon Marinir I Belawan Letkol Mar James Munthe, Kajari Belawan Yusnani SH, Dandim 0204/DS Letkol Kav Samsul Arifin, Ketua MUI Kota Medan M Hatta, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat, alim ulama, pimpinan organisasi kemasyarakat serta organisasi pemuda. Sementara itu Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Sidin S Msi menyambut kehadiran Roy Hansen Sinaga dan berharap bisa terjalin kebersamaan dan kerjasama untuk membangun Kota Medan.

Walikota juga berharap Dandim O201/BS yang baru dapat menjalankan tugas dengan baik. Di samping itu senantiasa menunjukkan sikap profesionalisme sebagai prajurit TNI serta terus berkoordinasi dengan unsur Forkopimda Kota Medan, institusi maupun lembaga lainnya.

“Mudah-mudahan dengan niat yang tulus dan ikhlas Kolonel Infantri Roy Hansen J Sinaga S.Sos akan mampu bersinergi dengan semua pihak di posisi beliau saat ini, sehingga beliau akan mampu menjadi salah satu Dandim terbaik dalam catatan sejarah militer Indonesia,” harap Wali Kota.

Sementara Ketua MUI Kota Medan M Hatta dalam sambutannya mengatakan sebagai putra kota Medan, Roy Hansen Sinaga harus dapat meneruskan tugas yang positif sehingga Kota Medan semakin kondusif. (Ipah Musrifah)

You might also like