Tim EKPI 2 Diterima Walikota Pemantang Siantar

Pemantang Siantar – Forumkeadilan.com 12 Juli 2019. Setelah tujuh hari para pendayung kayak yang tergabung dalam Ekpedisi Kayak Pelajar Indonesia 2, makan dengan gaya survival. Sebagai apresiasi keberhasilan Tim EKPI memecahkan rekor dunia dengan mengelilingi danau Toba di lingkar Pulau Samosir sepanjang 135 kilometer, Walikota Pemantang Siantar Hefriansyah Noor menjamu seluruh tim makan siang.

Orang nomor satu di Pemantang Siantar yang merupakan kota terbesar kedua di Provinsi Sumatera Utara setelah Medan ini merasa bangga dengan capaian yang telah dilakukan oleh Tim EKPI 2. “Saya bangga, apa yang telah dilakukan oleh adik-adik semua membuktikan bahwa Danau Toba itu aman, sangat layak untuk dikunjungi. Bukan seperti yang dikabarkan bahwa Toba adalah danau yang membahayakan. Sudah dilakukan pembenaran oleh adik-adik yang mengitari danau Toba dengan menggunakan kayak,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Tim EKPI 2 yang merupakan anggota URaL SMA 28 Jakarta ini juga memberikan kenang-kenangan kepada Hefriansyah Noor.

Kota yang memiliki luas wilayah 79,97 km2 adalah kota penting yang menunjang pariwisata danau Toba. Letaknya yang strategis, dilintasi oleh Jalan Raya Lintas Sumatra. Kota Pematangsiantar yang hanya berjarak 128 km dari Medan dan 50 km dari Parapat menjadi kota perlintasan bagi wisatawan yang hendak ke Danau Toba. Sebagai kota penunjang pariwisata di daerah sekitarnya, kota ini memiliki 8 hotel berbintang, 10 hotel melati dan 268 restoran.

Tim Ekpi 2 terdiri dari enam atlit terdiri dari Rafif Ibrahim, Landung Yudanto, Argi Nurfajri, Fahmi Muhammad Gibran, Aryadieni Farah Ayu Santoso dan Nur Aliya Sabira yang mengeliling danau Toba menggunakan 4 kayak.

Tim EKPI 2 juga melakukan kegiatan penelitian Sosiologi Pedesaan di Pulau Samosir. Tim Sosiologi Pedesaan terdiri dari Kayten Sadewo, Safira Diva Syaharani dan Rakha’ Ayu Rengganis. Mereka juga didukung oleh tim support yang terdiri dari Kevin Raihan Yassin, Naifa Vania Aribah, Nathania Andine Nariswari dan Sekar Ayu Kencana Wulan dengan dua orang pendamping Saleh Alatas dan Nila Kusumawardhani.

Untuk diketahui, URaL 28 adalah organisasi pencinta alam yang berada di lingkup SMA Negeri 28 Jakarta. Berdiri sejak 1982 dan telah melahirkan 38 angkatan dengan total anggota berjumlah kurang lebih 900 orang. URaL kepanjangan dari Udara, Rimba, Laut yang memiliki 3 grup. Grup 1 berorientasi pada kegiatan pendakian gunung, mendaki tebing dan jelajah gua. Grup 2 berorientasi pada kegiatan bahari seperti dayung, layar dan juga arung jeram. Sedangkan Grup 3 berorientasi pada kegiatan penelitian dan studi observasi. JIR

You might also like