Rumah Staf Gubenur Kepri Nurdin Basirun Digeledah KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi menggeledah rumah staf Gubernur Kepulauan Riau nonaktif Nurdin Basirun di Perumahan Anggrek Mas 2 Batam, Selasa (23/7).

“Tim KPK datang sekitar pukul 10.30 WIB dan selesai pukul 12.00 WIB,” kata ketua pengamanan kompleks perumahan setempat, Zoro Nasution.

Menurut Zoro, rumah yang didatangi KPK ditempati J yang akrab disapa Yon. Saat KPK datang, rumah nampak sepi. Namun selang beberapa waktu, mobil Camry berpelat merah, BP 5 datang dan parkir di depan rumah.

Ketua RT 003 RW 19 Kelurahan Baloi Agus Wibowo menambahkan, saat penggeledahan, J berada di dalam rumah, karena dalam kondisi sakit.

“Tidak ada barang yang diamankan KPK,” kata Agus yang dimintai KPK sebagai saksi.

Sementara itu, Zoro mengatakan tidak begitu mengenal pemilik rumah. Selama bertugas sebagai kepala keamanankompleks, ia tidak pernah melihat Nurdin Basirun datang ke perumahan itu. Selain di Batam, saat ini tim KPK juga menggeledah rumah pribadi Nurdin Basirun di Kabupaten Karimun.

KPK Juga Geledah Kantor Dishub Kepri

Sebelumnya, Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita tiga buah koper diduga berisi dokumen, setelah menggeledah kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepulauan Riau, di Jalan Raja Haji Fisabilillah, Kilometer 5 Tanjungpinang, Selasa (23/7). Penggeledahan dimulai pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB.

Pantauan di lapangan, koper-koper tersebut langsung diangkut oleh tujuh petugas KPK yang mengenakan masker, menggunakan dua unit mobil Kijang Innova. Tampak sejumlah anggota Polres Tanjungpinang berseragam lengkap dengan senjata laras panjang ikut masuk ke mobil untuk mengawal barang bukti hasil penggeledahan tersebut.

You might also like