KPK IKLAN

Pohon Tumbang di Jalan Sekip karena Dibakar, Kadis Pertamanan Medan Harapkan Warga Ikut Jaga Pohon

Musibah pohon tumbang yang terjadi di Jalan Sekip, Kelurahan Sei Putih Timur I, Kecamatan Medan Petisah, Selasa (23/7/2019) lalu, ternyata tak semuanya karena faktor alam. Buktinya, setelah dilakukan pengecekan ke lapangan, terlihat bagian batang yang patah tinggal separuh karena terbakar.

Bekas pembakaran pada batang pohon terlihat jelas, setelah kru media ini melihat langsung kondisi tunggul bekas pohon. Tunggul terlihat menghitam dan sudah seperti arang. Dugaan kuat, warga sering membakar sampah di bawah pohon, sehingga api sedikit demi sedikit membakar batang pohon. Saat dilakukan pengecekan juga terlihat tumpukan sampah di bawah pohon.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan, HM Husni yang dikonfirmasi terkait bekas terbakar mengaku membenarkannya. Menurut Husni, tidak seharusnya warga membakar sampah dekat pohon karena apinya bisa merambat membakar pohon.

Husni juga berharap, meski tidak bisa merawat, warga paling tidak ikut menjaga pohon-pohon yang berada di pinggir jalan. Selama ini, diakuinya, banyak pihak yang tanpa sadar ikut merusak pohon-pohon di pinggir jalan Kota Medan.

Seperti menempel spanduk dan poster dengan cara memakunya ke batang pohon. Padahal, pihaknya sudah melakukan peringatan dan pernah membersihkan segala macam spanduk maupun poster yang tertempel di pohon.

“Tanpa sadar tindakan itu sudah merusak struktur pohon. Paku-paku yang tertancap di batang pohon bisa merusak dan membuat batang pohon membusuk dan lama kelamaan bisa tumbang. Saya mengharapkan warga tidak lagi melakukan tindakan yang dapat merusak pohon. Mari sama-sama kita jaga pohon yang telah memberikan kita udara bersih dan kesejukan. Pohon merupakan salah satu sumber kehidupan, merusak pohon berarti merusak kehidupan kita sendiri,” ujarnya, Kamis (25/7/2019).

Husni juga mengimbau kepada masyarakat, bila melihat batang pohon yang rusak dan sudah lapuk untuk melaporkannya ke Dinas Kebersihan dan Pertamanan. Sehingga pihaknya bisa mengambil tindakan, sebelum bencana kembali terjadi.

Seperti diberitakan sebelumnya, angin kencang menumbang pohon yang berada di Jalan Sekip, Kelurahan Sei Putih Timur I, Kecamatan Medan Petisah, Selasa (23/7/2019). Pohon tersebut tumbang dan menimpa tiga unit mobil yang sedang pakir di pinggir jalan.

You might also like