KPK IKLAN

Ketua Komisi A DPRD Kediri Dilaporkan Ke Polisi Karena Diduga Palsukan Surat

Ketua Komisi A DPRD Kota Kediri, Harijanto dilaporkan ke Polresta Kediri dalam kasus dugaan pemalsuan surat di Perkumpulan Rukun Sinoman Dana Pangrukti (RSDP). Harijanto merupakan dewan formatur di yayasan tersebut. Sementara pelapornya adalah Edhi Laksmana, pengurus yayasan yang sama.

“Terlapor ada dua. Pertama adalah pak Harijanto, sebagai tim formatur. Kedua adalah Bambang Giantoro, pelaksana tugas yang diangkat oleh ketua tim formatur,” kata Danan Prabandaru, Penasihat Hukum (PH) Edhi Laksmana.

Harijanto ditengarai melakukan tindak pemalsuan surat dengan menerbitkan surat keputusan (SK) yang ditujukan kepada Bambang Giantoro selaku pelaksana tugas (Plt) Ketua Perkumpulan itu. Tidakan tersebut dianggap merugikan pengurus yayasan yang berada di Jalan Monginsidi, Ringinanom, tersebut.

Pengurus yang merasa dirugikan adalah kepengurusan baru dari perkumpulan tersebut. Mereka dibentuk satu tahun lalu. Pengurus baru tersebut telah disahkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM). “SK itu tanpa melibatkan formatur lain yang berjumlah lima orang,” ungkapnya.

Masih kata Danan, pihaknya mengindikasi pemalsuan surat itu saat Harijanto yang notabene ketua dewan formatur bersama Bambang diduga menyalahgunakan surat berkop dan stempel milik RSDP. Kop surat tersebut, diantaranya digunakan untuk mengadakan rapat anggota.

Terpisah, Kasatreskrim Polresta Kediri AKP Hanif Fatih mengatakan, pihaknya masih mendalami kasus tersebut. Mantan Kasat Reskrim Polres Kediri ini mengaku sudah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah pengurus yayasan.

“Pemeriksaan masih dalam tahap pendalaman. Para saksi hanya dimintai keterangan, termasuk juga pelapor,” ungkapnya.

Sementara itu, Harijanto hingga kini belum berhasil dikonfirmasi. Saat dihubungi melalui telepon genggamnya, Harijanto tidak menjawab. Begitu juga saat dikonfirmasi melalui pesan SMS

You might also like