Jelang Penutupan, Pendaftar Capim KPK 282 Orang

Sebanyak 282 orang mendaftar seleksi calon pimpinan (capim) KPK. Pendaftaran akan di tutup pada pukul 16.00 WIB nanti.

“Sudah 282 orang (yang mendaftar),”kata Ketua Pansel Capim KPK Yenti Ganarsih di Kementerian Sekretariat Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2019).

Sebanyak 282 pendaftar itu terdiri dari berbagai unsur. Terdiri dari 57 pengacara, 53 dosen, 10 anggota Polri, 10 internal KPK, 5 jaksa, hingga 10 hakim.

“Yang pertama masih tetap pengacara-pengacara 57, dosen 53, swasta, BUMN di pebisnis 26, kemudian Jaksa dan hakim itu 16, Jaksa-nya 5 berarti yang 11 dari hakim, kemudian sudah ada penambahan 1 anggota TNI, tadi belum ada TNI, Polri 10 orang, oditur 6 orang dari komisioner KPK, komisioner dan pegawai KPK ada 10 orang, kemudian lain-lain 103 orang,” sebutnya.

Yenti mengatakan kemungkinan tidak ada perpanjangan untuk masa pendaftar. Mengingat pendaftar sudah cukup banyak sedangkan yang dipilih seleksi tahap akhir hanya 10 orang.

“Melihat perkembangannya kelihatannya tidak ada (perpanjangan masa pendaftaran), cukup. Kan cukup kan kita memerlukan 10 kan. 10 jadi kelihatannya sih kemungkinan besar tidak,” ujarnya.

Yenti mengatakan setelah pendaftaran ditutup, tim pansel akan melakukan seleksi tahap awal. Hasil seleksi tahap awal akan diumumkan pada tanggal 11 Juli 2019.

“Seleksinya antara lain kan melihat kecukupan persyaratan dipenuhi apa tidak dengan seleksi di situ, misalnya ternyata umurnya juga ini ya udah langsung kita drop, bagian dari seleksi kan, kita lihat SKCK nya sudah tidak berlaku yang langsung drop-drop itu. Modelnya seperti itu untuk masuk ke tahap berikutnya,” kata dia.

Yenti menuturkan selanjutnya peserta calon pimpinan KPK akan menjalani serangkaian tes objektif. Tes tersebut antara lain tes tulis, wawancara, hingga pembuatan makalah di tempat.

“Tahapan berikutnya tahapan berkaitan dengan tes-tes objektif dan pembuatan makalah di tempat ini juga nanti yang diumumkan yang masuk, diumumkan tanggal 11 Juli itu nanti yang masuk. Berapa itu nanti langsung, mereka yang (daftar) online itu harus membawa dokumen fisik-fisiknya,” kata Yenti.

Pendaftaran capim KPK dibuka sejak 17 Juni 2019. Jika tak ada perpanjangan, masa pendaftaran capim KPK bakal berakhir pada Kamis (4/7) pukul 16.00 WIB nanti.

You might also like