Michel Platini Ditangkap Terkait Suap Piala Dunia 2022

Ditahan Usai Penunjukkan Qatar Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Legenda sepak bola Prancis, Michel Platini, ditangkap otoritas Prancis. Mantan Presiden UEFA itu ditahan terkait penyelidikan kasus korupsi Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Platini ditangkap dan resmi ditahan, Selasa (18/6/2019) waktu setempat. Platini ditahan di Kantor Kepolisian Yudisial Anti-Korupsi di luar kawasan Paris. Selain Platini, Claude Gueant, mantan penasehat mantan presiden Nicolas Sarkozy juga diperiksa, namun tidak ditahan.

Sejauh ini, pihak Platini belum memberikan respons terkait kabar penangkapan ini. Platini dicurigai ‘bermain’ dalam pemilihan Qatar sebagai tuan rumah, yang diputuskan sejak 2010. Mantan gelandang Juventus itu kemudian disanksi Komite Etik FIFA larangan beraktivitas di sepakbola selama 6 tahun, sebelum bandingnya diterima dan sanksinya direduksi menjadi 4 tahun.
Penunjukkan Qatar, yang mengalahkan Amerika Serikat sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, menimbulkan kontroversi. Banyak pejabat FIFA ditangkap terkait penunjukkan Negara Teluk itu menggelar pesta sepakbola empat tahunan tersebut.
Di antaranya mereka yang ditahan adalah Jeffrey Webb, Eduardo Li, Julio Rocha, Costas Takkas, Jack Warner, dan Eugenio Figueredo. Platini, andai terbukti bersalah, bisa terancam hukuman penjara, kendati sanksi larangan beraktivitasnya akan gugur pada Oktober mendatang.

Michel Platini saat memperkuat tim Prancis dalam beberapa piala dunia

Seperti diketahui, Platini dijatuhi sanksi pada 2015 lalu karena menerima pembayaran 2 juta francs Swiss (sekira Rp 23 Miliar) dari FIFA pada 2011 lalu.

Platini, yang kala itu membantah semua tuduhan korupsi dan disuap, awalnya dijatuhi sanksi delapan tahun tak boleh melakukan semua aktivitas terkait sepakbola.

Meski demikian, hukuman tersebut akhirnya dikurangi menjadi empat tahun dan seharusnya sudah berakhir pada Oktober 2019 ini.

Platini sejak Selasa kemarin ditahan sebagai bagian dari investigasi soal keputusan menunjuk Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.  Legenda Juventus dan Timnas Prancis itu dibawa ke Anti-Corruption Office of the Judicial Police (OCLCIFF) di Paris.

You might also like