KPK IKLAN

Komisi Kejaksaan RI, Dukung Jaksa Agung Periode Berikutnya Dari Kalangan Internal

Jakarta – Forumkeadilan.com, Pascaputusan MK, Perbincangan sosok dan figur calon menteri termasuk Jaksa Agung era pemerintahan Jokowi – Ma’ruf Amin periode 2019-2024 mulai muncul di publik. Terkait hal tersebut Komisi Kejaksaan RI (KKRI) mendukung jika calon Jaksa Agung dijabat oleh figur dan sosok internal Kejaksaan RI.

Komisioner Komisi Kejaksaan RI, Barita Simajuntak mengatakan poin pertama yang idealnya calon Jaksa Agung karena lembaga negara yangg melaksanakan kekuasaan negara di bidang penuntutan yang sifatnya teknis, khusus dan spesifik tentulah figur yang punya kompetensi dan pengalaman yang dapat memimpin kejaksaan yang profesional.

“Kejaksaan kan spesifik, memiliki kekhususan tentu harus dipimpin oleh jaksa karir yang memiliki pengalaman yang mumpuni,” katanya kepada FORUM, Senin (24/6).

Dalam kesempatan tersebut, Barita juga menjelaskan bahwa dirinya sebagai komisioner Komisi Kejaksaan mengikuti perkembangan dan dinamika di kejaksaan. Oleh karena itu saya juga sependapat dengan Jaksa Agung, HM Prasetyo bahwa kejaksaan nanti tetap dipimpin oleh Jaksa Agung yang berasal dari kalangan internal kejaksaan.

Komisioner Kejaksaan RI, Dr. Barita Simanjuntak, SH., MH (Istimewa)

“Kalau Jaksa Agung dari internal itu tidak akan banyak memerlukan waktu untuk memahami tugas, tidak perlu konsolidasi Karena dia sudah melakukan tugasnya mendukung rencana pemerintah dalam hal penegakkan hukum”, Imbuhnya

Alasan lain Barita mendukung Jaksa Agung dari kalangan internal kejaksaan yaitu sudah tentu seorang jaksa karir sudah menguasai bidangnya. “Kejaksaan ini memiliki keunikan, ada dua sisi pertama dia adalah lembaga pemegang kekuasaan penuntutan”, Tegasnya

Jadi dibidang itu beber Barita, Jaksa independen tidak bisa diintervensi karena berkaitan penuntutan itu ada didalam undang-undang Kejaksaan. Terus yang kedua lanjut Barita, Jaksa adalah lembaga pemerintahan yang menurut undang-undang mempunyai kewenangan untuk memberikan dukungan pengamanan dan sekaligus pengawalan pembangunan.

Untuk diketahui bahwa Jaksa Agung H.M. Prasetyo berharap jaksa agung yang akan menggantikannya kelak berasal dari kalangan internal kejaksaan. Dia menilai jaksa karir yang paling paham kebutuhan lembaganya. “Saya selalu katakan seyogyanya kejaksaan dipimpin oleh jaksa internal, mereka yang paling tahu tugas jaksa,” ungkap Jaksa Agung kepada wartawan di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan, Senin, 17 Juni 2019.

Prasetyo mengibaratkan kejaksaan itu tidak seperti kendaraan yang bila rusak bisa ditinggal begitu saja. Karena itu, menurutnya jaksa agung yang jaksa karir akan bekerja lebih baik karena memiliki keterikatan dengan lembaganya. “Jadi bila rusak diperbaiki, dibenahi, tidak ditinggalkan”, Tutupnya  (abdul farid)

You might also like