Buton Rusuh, 87 Rumah Dibakar, 81 Ditangkap

Kerusuhan antar warga desa meletus di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Sedikitnya 87 rumah dibakar. Polisi mengamankan 81 pelaku bentrok antara Desa Sampoabalo dan Desa Gunung Jaya tersebut.

“Tadi pagi sekitar pukul 07.30 Wita sampai 09.30 Wita, telah diamankan 81 yang diduga pelaku,” kata Kabid Humas Polda Sultra AKBP Harry Goldenhardt, Sabtu (8/6/2019).

Status 81 orang tersebut masih terperiksa. Belum ada penetapan tersangka. “Status mereka masih terperiksa,” ujarnya.

Polisi akan memeriksa mereka lebih lanjut untuk menentukan peran dan status hukumnya. “Nanti, setelah dilakukan pemeriksaan di Polda, baru diketahui peran masing-masing,” tuturnya.

Bentrok antarpemuda Desa Gunung Jaya dan Desa Sampoabalo itu terjadi pada Senin (3/6/2019) malam. Sebanyak 87 rumah di Desa Gunung Jaya terbakar akibatnya. Dua orang meninggal dalam peristiwa itu, sementara korban luka delapan orang.

Selain menangkap 81 orang terduga pelaku bentrok, polisi juga menita sejumlah senjata tajam. “Pukul 07.46 Wita, berhasil mengamankan sekelompok masyarakat, khususnya laki-laki, beserta barang bukti berupa parang, tombak, pisau, badik, dan busur,” ucap Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo.

Senjata-senjata tajam itu ditemukan di sekitar rumah warga. Polisi juga menyisir Desa Sampuabalo. “(Senjata tajam yang ditemukan) disimpan di sekitar rumah penduduk sekaligus dilakukan evakuasi selanjutnya tim melakukan penyisiran di Desa Sampuabalo,” ujarnya.

Sebanyak 81 orang yang ditangkap itu keseluruhannya laki-laki. Tidak ada perlawanan dalam penangkapan tersebut. “Pada pukul 09.26 Wita, proses penangkapan telah selesai dilaksanakan. Seluruh masyarakat yang diamankan tidak melakukan perlawanan, sehingga memudahkan proses penangkapan,” katanya.

You might also like