5 Jenderal Cek Keamanan dan Kesiapan Arus Mudik Di Pelabuhan Ketapang

Banyuwangi – Forumkeadilan. Com. Pelabuhan Penyeberangan ASDP Ketapang memang benar-benar istimewa. Betapa tidak, pelabuhan yang menghubungkan Jawa-Bali ini juga dikunjungi 5 jenderal polisi.

Lima perwira tinggi itu adalah Kabaharkam Polri Komjen Condro Kirono, Kakorsabhara Irjen Sudjarno, Kakorpolairud Irjen Pol M.Chaerul Noor Alamsyah, Kakorbinmas Irjen Herry Wibowo dan Dirpolud Brigjen Anang Syarif.

Mereka melakukan sidak arus mudik dan balik Lebaran di Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi, Jawa Timur dan Pelabuhan Gilimanuk, Bali, Minggu (2/6/2019).

Kabaharkam Polri, Komjen Pol. Drs. Condro Kirono didampingi Kakor Binmas Baharkam Polri, Irjen Pol. Drs. Herry Wibowo, MH berfoto bersama anak yatim (Istimrwa)

Pelabuhan ASDP Ketapang-Gilimanuk, menurut Kabaharkam Polri Komjen Condro Kirono, sama dengan Merak-Bakauheni yang berstatus obyek vital nasional dan strategis. Sehingga Mabes Polri perlu memantau layanan transportasi laut saat arus mudik.

“Hasil pengecekan kami paling padat terjadi pada 1 Juni 2019. Tapi ini fluktuatif. Nanti mendekati H-1 atau H-2 Lebaran 2019 warga Jawa yang di Bali akan mudik,” terang mantan Kapolda Jateng ini.

Saat ini, lanjut Komjen Condro Kirono, jalur pelayaran di Selat Bali dilayani 56 kapal. Syahbandar telah melakukan pengecekan kapal-kapal tersebut terutama soal fasilitas dan kelaikannya. Sehingga penumpang yang menggunakan jasanya terjamin keselamatannya kala berlayar.

Kabaharkam Polri, Komjen Pol. Drs. Condro Kirono menyerahkan bingkisan lebaran kepada petugas dalam acara bakti sosial (Is

“Perlengkapan kapal semisal pelampung sudah dicek. Semoga cuaca bersahabat sehingga trip mudik dan balik di Selat Bali aman,” doanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kakor Binmas Baharkam Polri, Irjen Pol. Drs. Herry Wibowo, MH menjelaskan bahwa Arus laut di Selat Bali terkenal kencang. “Itu karena berdekatan dengan Laut Jawa dan Samudera Indonesia”, Ungkap Herry.

Kakor Binmas berharap kepada masyarakat yang mudik menggunakan jalur laut dan khusus nya perairan Bali agar mematuhi ketentuan atau peraturan keselamatan. “Kita semua berharap ada doa dari masyarakat agar kondisi cuaca yang ada di Selat Bali aman dan kondusif”, Tutur Herry

Herry juga menjelaskan bahwa Dalam kunjungan tersebut, selain memantau arus mudik lebaran kami juga memberikan santunan terhadap anak-anak yatim piatu dan kaum duafa di sekitar pelabuhan, ASDP Ketapang. ” serta melaksanakan Anjangsana dan memberikan uang tali asih kepada keluarga Alm Nanang Subiyanto, ketua KPPS 28 Kel Taman Baru, Kabupaten Banyuwangi. Beliau meninggal pada saat tugas Pemilu 2019. Tutup Herry Wibowo. Abdul Farid

You might also like