Kedubes AS Himbau Warganya Waspada Terkait Aksi 22 Mei

Kedutaan Besar Amerika Serikat (Kedubes AS) mengimbau warganya di seluruh Indonesia agar waspada terkait aksi 22 Mei mendatang. Kedubes AS mendapatkan informasi bahwa pada 22 Mei 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan hasil resmi pemilihan presiden dan parlemen Indonesia.

Wakil Duta Besar AS Heather Variava mengatakan, warga AS di seluruh Indonesia diminta berhati-hati akan adanya potensi demonstrasi terkait pemilihan di tempat publik lainnya di Jakarta pusat, termasuk kompleks KPU di Menteng, dan Bawaslu di Jalan Thamrin.

“Kami mengeluarkan imbauan untuk warga AS pada hari itu untuk berhati-hati. Dan ini menrupakan imbauan yang rutin dan terjadi di semua kedubes,” kata Heather kepada Republika.co.id di Jakarta, Jumat (17/5).

Ia mendapatkan informasi bahwa aksi juga dapat terjadi di kantor terkait pemilihan di kota-kota lain, termasuk Surabaya dan Medan. Polisi Indonesia telah menyatakan bahwa personel keamanan tambahan akan mengamankan kantor-kantor terkait pemilihan dan lokasi lain di Jabodetabek.

Adanya penutupan jalan dan gangguan lalu lintas yang signifikan di area, dimungkinkan terjadi saat demonstrasi. “Untuk itu, kami mengimbau warga kami di manapun di Indonesia untuk waspada dan ini hal biasa dan bukan sesuatu yang khusus,” katanya.

Untuk itu Kedubes mengimbau menghindari area di mana demonstrasi politik terjadi dan berhati-hati jika berada di sekitar pertemuan besar itu. Kedubes juga mengimbau warganya terus memperhatikan liputan media tentang peristiwa lokal.

“Waspadai lingkungan sekitar Anda, dan praktikkan kesadaran keamanan pribadi setiap saat,” kata pernyataan Kedubes melalui website resminya.

You might also like