KPK IKLAN

Ada 21 Sengketa Penilu, Sandiaga Juga Gugat Ke Mahkamah Konstitusi

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy’ari, mengatakan sudah ada 21 perkara perselisihan hasil pemilu (PHPU) yang didaftarkan kepada Mahkamah Konstitusi (MK). Namun, hingga Kamis (23/5) sore, belum ada pekara PHPU pilpres yang didaftarkan kepada MK.

“Untuk PHPU pilpres masih nihil.  Sementara itu PHPU pileg ada sembilan belas perkara,” ujar Hasyim dalam keterangan tertulisnya, Kamis (24/5).

Kemudian, pengajuan PHPU pemilihan anggota DPD sudah didaftarkan sebanyak dua perkara.  Adapun PHPU pileg diajukan oleh parpol maupun perseorangan. Parpol yang mengajukan PHPU antara lain PKS, PBB, dan partai lokal Aceh.

Sebagaimana diketahui, jadwal pendaftaran sengketa PHPU pileg akan berkahir pada Jumat dinihari,  yakni tepatnya pukul 01.46 WIB.  Sementara itu, pendaftaran sengketa PHPU pilpres akan berakhir pada Jumat pukul 24.00 WIB.

Sandi Pastikan Gugar Pilpres Ke MK

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, saat ini tim hukum Prabowo-Sandiaga masih mempersiapkan berkas untuk gugatan hasil pilpres ke Mahkamah Konstitusi (MK). Rencananya tim hukum akan melaporkan ke MK besok.

Sandiaga Uno

 

“Rencananya kami akan mengumumkan tim besok setelah shalat Jumat,” kata Sandiaga di kediaman capres nomor urut 02 Prabowo Subianto, di Jalan Kertanegara IV, Jakarta, Kamis (23/5).

Sandiaga menegaskan bahwa upaya pelaporan ke MK tersebut merupakan bentuk komitmen Prabowo-Sandiaga dalam menempuh jalur-jalur konstitusional. Eks wakil gubernur DKI Jakarta itu juga mengungkapkan bahwa Prabowo dan dirinya telah menunjuk adik kandung Prabowo, Hashim Djojohadikusumo sebagai penanggungjawab untuk gugatan ke MK.

“Besok rencananya sebelum batas waktu akan dimasukan sesuai dengan tata cara yang sudah tadi disampaikan oleh para ahli hukum,” jelasnya.

Selain itu, Sandiaga juga enggan mengungkapkan terkait materi gugatan apa yang akan disampaikan ke MK besok. Ia pun meminta media untuk bersabar menunggu pengumuman besok.  “Ini yang lagi disiapkan jadi mohon teman-teman bersabar,” ucapnya.

Sandi juga belum bisa memastikan apakah dirinya dan Prabowo juga akan ikut hadir ke MK besok. kembali ia meminta awak media untuk menunggu perkembangan terbaru besok.

PKS Juga Gugat Ke MK

Petugas melayani pengajuan gugatan hasil Pemilu 2019 dari perwakilan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (23/5).

PKS sudah melaporkan lima gugatan terkait sengketa hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 dari Provinsi Kalimantan Barat, Sumatera Utara, Gorontalo, Kalimantan Selatan dan Maluku. PKS berencana melaporkan sepuluh gugatan lagi ke Mahkamah Konstitusi hingga Rabu malam ini.

You might also like