Sandiaga Dukung Pembentukan Tim Pencari Fakta Kecurangan Pemilu

Sandiaga Uno mendukung rencana pembentuk Tim Pencari Fakta (TPF) kecurangan Pilpres 2019 yang terdengar nyaring usai hari pencoblosan 17 April lalu.

Wacana ini pada mulanya diutarakan Direktur Kantor Hukum dan HAM Lokataru, Haris Azhar.

Menurut Sandiaga Uno, TPF Pilpres harus dari lembaga-lembaga yang independen dan dapat dipercaya.

Sehingga dapat menumbuhkan rasa kepercayaan masyarakat terhadap para penyelenggara pemilu.

“Kami mendukung adanya tim pencari fakta kecurangan yang independen, karena rasa kepercayaan masyarakat terhadap sistem itu sekarang dalam tingkat yang mungkin harus dibantu oleh lembaga-lembaga yang kredibel, lembaga-lembaga yang merepresentasikan gerakan masyarakat ini,” ucap Sandiaga Uno, Minggu (28/4).

Rencana ini juga ditanggapi oleh beberapa Politisi Badan Pemenang Nasional (BPN) 02 Prabowo-Sandi maupun Tim Kampanye Nasional (TKN) 01 Jokowi-Amin.

KPU dan Bawaslu juga telah memberikan tanggapannya terhadap rencana pembentukan tim pencari fakta kecurangan Pilpres 2019.

Rencana pembentukan TPF tersebut muncul setelah banyaknya dugaan kecurangan yang terjadi di Pemilu 2019 di berbagai wilayah di Indonesia.

Menurut Sandiaga Uno, kecurangan yang terjadi sangatlah banyak. Hal tersebut diakuinya setelah mendapatkan laporan dari masyarakat lebih dari seribu laporan.

You might also like