Kakor Binmas Baharkam Polri: Hoax Merupakan Racun Demokrasi

Jakarta, Forumkeadilan.com – Maraknya berita hoax yang beredar menjelang pemungutan suara pada 17 April 2019 mendatang membuat Korps Binmas Baharkam Polri gencar melakukan sosialisasi kepada semua lapisan masyarakat. Itu dilakukan karena hoax bisa mengancam tonggak demokrasi.

Hal itu disampaikan oleh Kakor Binmas Baharkam Polri, Irjen Pol. Drs Herry Wibowo, SH,. MH saat membuka acara bakti sosial kemanusiaan di wilayah Kalideres, Jakarta Barat, Sabtu 6 April 2019. “Selain merusak tonggak demokrasi hoax juga merupakan racun bagi demokrasi”, Tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut Herry juga mengajak semua elemen masyarakat untuk menolak dan melawan hoax. Herry kembali menegaskan bahwa hoax itu adalah racunnya demokrasi dan akan semakin membuat jarak atau mengganggu kerukunan antar sesama anak bangsa. “Hoax mempolarisasi kehidupan diantara kita, untuk itu sebagai warga masyarakat yang tentunya sebagian besar tentunya menggunakan Android berbijaklah data warga masyarakat menggunakan Android dan internet”, Himbaunya

Oleh karena itu berkaitan dengan pemilihan umum pada 17 April 2019, Kakorbinmas mengharapkan partisipasi masyarakat bersama-sama dalam menjaga keamanan dan ketertiban, serta tidak menyebarkan berita hoaks yang bisa memperburuk situasi.

Kakor Binmas Baharkam Polri, Irjen Pol. Herry Wibowo didampingi Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol. Hengki Haryadi berfoto bersama warga usai penyerahan bantuan (Farid)

Untuk diketahui bahwa Korbinmas Baharkam Polri melanjutkan pelaksanaan kegiatan bakti sosial yang sama seperti yang digelar sebelumnya, kali ini bakti sosial dengan kegitan pengobatan gratis dan pembagian sembako bagi masyarakat kurang mampu digelar di Halaman H. Didin di Jalan Raya Prepedan RT 04 RW 09 no 21 Kamal Kalideres.

Pada kesempatan itu, Kakorbinmas  Baharkam Mabes Polri Irjen Pol Drs. Herry Wibowo menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan menghadirkan aparatur negara di tengah masyarakat melalui Polri dan menyentuh langsung masyarakat dilapangan yg membutuhkannya.

“Kegiatan bakti sosial ini kita lakukan terus menerus di sejumlah wilayah Indonesia. Walaupun nilainya tidak seberapa, namun bagi warga yang membutuhkan tentunya ini sangat membantu,” Ungkapnya kepada FORUM.

Herry menambahkan bahwa yang terpenting apa yang sekarang dilakukan berlandaskan ketulusan dan keikhlasan, sehingga bantuan yang diberikan bermanfaat bagi warga yang menerimanya.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Drs Gatot Eddy Pramono dalam sambutannya yang dibacakan Wakapolda Brigjend Pol Wahyu Hadiningrat mengapresiasi kegiatan bhakti sosial yang digelar Kakorbinmas Polri.

Terkait pemilihan umum yang akan diselenggarakan pada 17 April 2019, ia mengharapkan partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban, serta tidak menyebarkan berita hoaks yang bisa memperburuk situasi.

Kakor Binmas Baharkam Polri, Irjen Pol. Herry Wibowo berdialog dengan warga saat acara bakti sosial (Farid)

Hadir juga dalam kegiatan bakti sosial tersebut Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Hengki. Tidak hanya itu, Baksos yang dipimpin langsung Irjen Pol. Drs. Herry Wibowo, rombongan tim medis juga mendatangi lima rumah warga di Kecamatan Cengkareng.

“Warga yang kita datangi, sebab mereka sudah tidak bisa berjalan dan lumpuh disebabkan sakit stroke, terbaring di rumahnya masing-masing. Oleh karena itu tim kami membawa dokter dan ambulance datang ke rumah warga tsb untuk memberikan bantuan pengobatan, selain membagikan sembako dan uang tali asih,” kata dia menjelaskan.

Selain itu juga hadir pihak sponsor yang berasal dari PT Sarana Alloy Casting, BRI, Machlogic, Phapros, EZY Pratama Pondation, INTI dan Cholyfour, sejumlah pemilik media online yang tergabung dalam Media Online Indonesia.

Dalam kegiatan pengobatan gratis yang digelar Kakorbinmas yang juga dihadiri jajaran Muspida Tk I jakarta dan Muspida Tk II Jakarta Barat tersebut, masyarakat sangat antusias. Hingga sore hari masih banyak masyarakat yang datang untuk memeriksakan kesehatannya. Rid

You might also like