Vanessa Angel Ditahan, Dijerat UU ITE Bukan Kasus Prostitusi

Vanessa Angel resmi ditahan di penjara Polda Jawa Timur. Artis cantik yang ditangkap karena kasus prostitusi daring ini, agaknya lepas dari jeratan hukum kasus asusila. Ia cuma dijerat pelanggaran UU No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), bukan terkait jual diri.

Vanessa ditahan sejak Senin (4/2/2019), setelah sembuh dari sakut mag akut. “Alasan objektifnya karena ancaman hukuman pasal yang menjeratnya di atas lima tahun penjara. Sedangkan alasan subjektifnya karena penyidik mengkhawatirkan tersangka melarikan diri dan atau menghilangkan barang bukti serta mengulangi perbuatannya,” ujar Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Frans Barung Mangera, Selasa (5/2/2019).

Penahanan Vanessa sempat tertunda lantaran yang bersangkutan harus mendekam di rumah sakit untuk dirawat selama lima hari akibat sakit maag akut. Namun, kesehatannya akan terus dipantau. “Tim dokter RS Bhayangkara akan observasi jika yang bersangkutan kembali sakit,” jelas Frans.

Penahanan terhadap perempuan yang dikenal karena sejumlah perannya dalam sinetron itu terhitung hingga 20 hari ke depan. Namun begitu, VA ditahan bukan karena kasus prostitusi, tapi sebagai tersangka pelanggaran Undang Undang Informatika dan Transaksi Elektronik (UUITE). “Pasal yang diterapkan adalah pasal 27 ayat 1 Undang-Undang no 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik,” ujar Frans.

Penetapan tersangka dilakukan karena VA terbukti mentransmisikan gambar-gambar dirinya yang tidak senonoh, termasuk foto-foto dan video, untuk kepentingan prostitusi. Bukti otentik ini diperoleh penyidik setelah melakukan pendalaman atas bukti digital forensik dari ponsel milik muncikari ES alias Siska.

Pihak kepolisian kini masih terus mengembangkan kasus dugaan prostitusi daring yang melibatkan ratusan pesohor dan model. Kabarnya, Polda Jatim akan memanggil DP, adik dari mendiang Julia Perez. “Memang benar bahwa Polda Jawa Timur akan memanggil salah satu oknum artis lagi,” tegas Frans.

Terungkapnya dugaan keterlibatan sejumlah nama pesohor lain diketahui dari penyelidikan petugas terhadap data-data ponsel para tersangka muncikari yang telah tertangkap yakni ES, TN dan F. Saat ini para penyidik pun masih melakukan pendalaman dengan melibatkan beberapa ahli hukum, ahli ITE, serta ahli agama. Dari rekam jejak digital mengarah pada dugaan keterlibatan para saksi. Setidaknya, ada 45 artis dan 100 model yang menjadi saksi dan diduga terlibat dari jaringan prostitusi ini.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.