Tergugat Tak Hadir, Sidang Prapid Kapolsek Medan Area Batal Digelar PN Medan

Kasus Penahanan 80 Hari Tanpa Surat Penangkapan dan Penahanan

Sidang gugatan Praperadilan terhadap Kapolri cq Kapoldasu cq Kapolrestabes Medan cq Kapolsek Medan Area  (termohon I, II, III dan IV), Jumat (22/2/2019) di Pengadilan Negeri (PN) Medan batal digelar karena para termohon tidak hadir. 

Agenda kali ini untuk mendengarkan pembacaan gugatan oleh tim penasihat hukum pemohon atas nama Rini Agustin (33).

Rini merupakan istri dari Lesmana Hutapea, warga Jalan Jurung, Kelurahan Pandau Hulu, Medan Area yang ditangkap dan ditahan selama 85 hari diduga kuat tanpa prosedur.

“Seyogyanya hari ini agendanya pembacaan materi gugatan prapid dari kita sebagai penasihat hukum (PH) pemohon. Namun karena termohon II, III dan IV tidak hadir, maka sidang diundur pekan depan,” kata ketua tim PH pemohon Maswan Tambak SH usai persidangan di Cakra 6, Jumat (22/02).

PH dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan tersebut sangat menyesalkan ketidakhadiran para-termohon prapid. Sebab salah satu tujuan upaya hukum prapid tersebut adalah untuk mendapatkan rasa keadilan dan kepastian hukum.

Mengutip statemen Marwan yang juga Kepala Divisi LBH Medan beberapa hari lalu, tindakan penangkapan dan penahanan yang dilakukan terhadap suami pemohon yakni Lesmana Hutapea oleh termohon III  prapid tertanggal 15 November 2018 diduga kuat tidak mengacu hukum acara pidana (KUHAP).

Setelah dibedah, LBH Medan berkeyakinan tindakan penangkapan dan penahanan kurang lebih 80 hari terhadap Lesmana Hutapea tidak sesuai dengan KUHAP.

Sebab hingga kini tindakan penangkapan dan penahanan secara sewenang-wenang terhadap Lesmana Hutapea oleh jajaran Polsek Medan Area tanpa ada penjelasan tentang dugaan tindak pidananya.

Informasi dihimpun dari keluarga Lesmana, tidak ada Surat Perintah Tugas (SPT), Surat Perintah Penangkapan (SPP)), penahanan dan perpanjangan penahanan.

Permohonan gugatan Prapid dengan Nomor 15/Pid Pra/2019/PN Medan didaftarkan tanggal 5 Februari 2019.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.