Sempat Sembunyi, Terpidana Korupsi Buku SD Dibekuk Kejari Banyuwangi

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Banyuwangi Bagus Nur Jakfar Adi Saputro menjelaskan kronologis penangkapan terpidana korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2007, Achmad Taufiqul Hidayat di rumahnya.

Dalam pengamanan, target sempat melakukan perlawanan sebelum akhirnya bersedia menyerahkan diri setelah diberikan pengertian.

“Pukul 20.00 WIB tim tangkap terpidana Kejari Banyuwangi yang terdiri dari Kasi Intel, Kasi Pidsus, Kasi Datun dan Kasi Barang Bukti berkumpul di kantor Kejaksaan Negeri Banyuwangi untuk merencanakan penangkapan terpidana tindak pidana korupsi yang menurut informasi berada di Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi,” katanya, Rabu (27/2/2019).

Informasi ini, kata Bagus, setelah pihaknya melakukan pengintaian selama dua minggu. Menurutnya, yang bersangkutan selama ini berada di rumah, namun tak pernah keluar.

“Setelah mempersiapkan kelengkapan administrasi Pukul 20.15 WIB, tim bergerak menuju kediaman DPO yang satu minggu belakangan telah dilakukan pengintaian oleh tim,” ungkapnya.

Selanjutnya, sekitar Pukul 21.00 WIB tim sampai di depan rumah terpidana di jl. Agung no.5 Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng. Setibanya di lokasi, beberapa tim sempat menyamar sebagai pembeli di toko milik pelaku untuk memastikan keberadaannya.

“Selanjutnya kami berkoordinasi dengan Kasat Intel untuk meminta bantuan personil dari Polsek Genteng, dan ditunjuk Panit Kanit Intel Polsek Genteng Aipda Tria Cahyadi dan Aiptu Yanuar Ikhsan anggota Reskrim Polsek Genteng untuk mendampingi penangkapan terpidana,”

“Pukul 22.30 tim Kejaksaan di dampingi tim polsek genteng menuju kediaman target dan berhasil mengamankan target yang sedang istirahat di rumah,” pungkasnya.

Achmad Taufiqul Hidayat merupakan seorang pelaku tindak pidana korupsi yang mengaku sebagai marketing dalam proyek buku ke 52 Sekolah Dasar di Banyuwangi pada 2007. Ia dijatuhi hukuman 4,6 bulan oleh PN Tipikor Surabaya karena terbukti bersalah melakukan korupsi sesuai pasal 2 UU 31 tahun 1999 yang diubah dan ditambah UU 22 tahun 2001. (rin/ted)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.