Fasilitasi Napi Pengendali Narkoba, Bekas Kalapas Kalianda Divonis 15 Tahun

Majelis hakim Pengadilan Negeri Tanjungkarang memvonis mantan Kepala Lembaga Permasyarakatan (Kalapas) Kalianda, Lampung Selatan, Muchlis Adjie, dengan hukuman 15 tahun penjara denda Rp1 miliar subsider tiga bulan, Rabu (6/2/2019) sore. Terdakwa terbukti melakukan pemufakatan jahat dalam tindak pidana narkotika di Lapas.

Vonis yang dibacakan Hakim Ketua Mansur Bastumi ini lebih ringan dari tuntutan jaksa, yang menuntut 20 tahun penjara dan denda Rp1 miliar.

Dalam persidangan sebelumnya terungkap, selama menjabat Kalapas Kalianda, Muchlis, memberi kemudahan kepada narapida kasus narkoba, Marzuli. Seperti menggunakan handphone, kebebasan menerima kunjungan tamu di luar jam kunjungan.

Fasilitas lainnya dari terdakwa Muchlis kepada napi Marzuli berupa kemudahan mendapatkan surat berobat tanpa melalui pemeriksaan klinik LP Kalianda. Melalui surat berobat itulah, Marzuli pulang ke rumah dengan pengawalan petugas LP. Atas fasilitas tersebut, Muchlis mendapatkan imbalan dari terdakwa.

Diketahui pada dakwaan yang jaksa pada sidang sebelumnya, mantan kalapas ini telah melakukan tindakan melawan hukum, dengan turut serta menguasai dan memperjual belikan narkotika golongan 1 bukan tanaman jenis sabu yang seberat 2,7 kilogram dan 4 ribu pil ekstasi, yang masuk ke dalam Lapas Kalianda. Dengan fasilitas yang diberikan olehnya kepada Marzuli, narapidana yang mengendalikan narkotika tersebut dari dalam sel tahannnya.

Jaksa pun mengenakan pasal 114 dan 112 kepada Muchlis Adjie, dengan tuntutan sebelumnya yakni pidana penjara selama 20 tahun dan denda sebesar Rp1 miliar, dengan subsidair 8 bulan kurungan penjara. Namun dalam putusan majelis hakim yang dipimpin oleh Hakim Ketua Mansur kali ini, terdakwa terbukti melanggar pasal 114 dan pasal 132 Undang Undang RI Nomor 3-5 tahun 2009 yang mengatur tentang narkotika.

Sementara menanggapi putusan dari majelis hakim ini, terdakwa menyatakan banding dengan alasan hukuman tersebut terlalu tingggi.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.