Barang Haram Berupa Sabu 1 KG Diamankan BNNP Babel Di Tanjung Kalian Muntok

 

 

Muntok, Forumkeadilan.com – Dua pelaku penyalahgunaan narkotika jenis sabu kembali dibekuk oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (9/2/2019) sekira pukul 14.00 wib.

Kedua pelaku tersebut berinisial JW (26) warga Jalan Batu Akik desa Bukit Besar Girimaya dan RA (20) warga dusun Kebintik Pangkalan Baru Bangka Tengah yang berprofesi sebagai sopir truck.

Upaya penyelundupan narkotika jenis methamphetamine (sabu) oleh pelaku di Tanjung Kalian Mentok Bangka Barat berhasil diendus oleh BNNP dan Bea Cukai cabang Muntok. Sabu seberat 1 Kg dari Palembang, Tanjung Kalian Mentok yang di bawa melalui jalur laut tersebut berhasil diamankan petugas gabungan setelah dilakukan penindakan pada Sabtu (9/2) sekira pukul 14.00 WIB.

Kepala BNNP Bangka Belitung,  Brigjen (Pol) Drs Nanang Hadiyanto mengatakan penangkapan terhadap ke dua pelaku setelah adanya informasi dari masyarakat yang menyebutkan ada dua orang berinisial JW dan RA, sedang melakukan pengiriman barang haram  dari Palembang ke Pangkalpinang  melalui jalur laut (kapal Ferry, red)  dengan menggunakan mobil truck warna kuning dengan No Pol BG 8242 NI.

“Sesampai di Pelabuhan Muntok sekira pukul 11:00 WIB petugas Bea dan Cukai langsung menyebar di sekitar pelabuhan dan pintu masuk kapal Ferry, setelah menunggu kurang lebih 4 jam kapal ferry sentosa merapat di Pelabuhan Tanjung Kalian Mentok,” ungkap kepala BNNP, Brigjen (Pol) Drs Nanang Hadiyanto dalam konferensi persnya di kantor BNNP Pangkalpinang, Senin (11/2).

Dikatakannya, dari hasil penindakan tersebut, petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 Kg narkotika jenis sabu, 2 buah handphone dan 16 lembar uang pecahan Rp.50.000, 1 lembar uang pecahan 20.000 dan 1 lembar uang pecahan Rp. 10.000. Kesemua barang bukti tersebut didapat dari pelaku JW, sedangkan dari pelaku RA ditemukan barang bukti berupa 1 unit Hp Oppo type F7 warna biru perak, 90 lembar uang pecahan Rp.50.000, 1 unit mobil truck warna kuning type mitsubishi panther dengan No. Pol BG 8242 NI.

“Saat ini, seluruh barang bukti dan tersangka telah diserahterimakan ke BNN untuk diproses sesuai dengan ketentuan hukum,” ujarnya.

Atas perbuatannya, ke dua pelaku terancam pasal 114 ayat (2) subs Pasal 112 ayat (2) dan Pasal 132 ayat (1) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan hukuman seumur hidup atau hukuman mati.

 

You might also like