Rusuh Akibat Wanita Masuk Kuil Suci, Polisi India Tangkap 750 Orang

Dua perempuan cantik buat heboh hingga berbuah kerusuhan besar. Keduanya nekat masuk kuil suci Hindu yang terlarang bagi kaum wanita pada usia menstruasi. Kenekatan dua wanita itu menyebabkan kerusuhan dan bentrokan sehingga mengharuskan polisi menangkap lebih dari 750 orang.

Seperti dikutip dari AFP, Sabtu (5/1/2019), kerusuhan terjadi pada Jumat (4/1/2019). Kerusuhan melanda sekitar Kuil Sabarimala terletak di negara bagian Kerala. Kerusuhan ini buntut dari pertikaian yang berkepanjangan antara umat Hindu dan aktivis perempuan terkait akses ke kuil.

Juru bicara kepolisian Pramod Kumar mengatakan, selama bentrokan terjadi sudah lebih dari 600 orang diseret ke pusat penahanan. “Polisi sangat waspada. Ada ketegangan tapi damai,” katanya.

Polisi telah memberlakukan larangan terhadap pergerakan masyarakat di kota Palakkad dan Kasargod, lokasi terjadinya kekerasan pada Kamis lalu. Kemarahan warga meletus pada Rabu (2/1/2019) ketika dua perempuan usia 40-an tahun menyelinap ke kuil Sabarimala melalui pintu masuk samping untuk beribadah. Masuknya kedua wanita tersebut merupakan momen bersejarah bagi kuil tersebut.
Untuk kali pertama perempuan usia menstruasi, yang dianggap antara 10-50 tahun, menginjakkan kaki di kuil berlapis emas di puncak bukit sejak Mahkamah Agung membatalkan larangan pada September tahun lalu.

Sebelumnya, ribuan umat Hindu sebelumnya telah berhasil mencegah perempuan mengakses kuil usai keputusan MA. Selain memicu kemarahan sejumlah kelompok, putusan pengadilan juga menuai kecaman dari Partai Bharatiya Janata (BJP) milik Perdana Menteri Narendra Modi.

You might also like