KPK Selidiki Keterlibatan Menpora Imam Nahrawi

Kasus Korupsi Dana Hibah KONI 2018

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrowi disenter KPK. Lembaga antirasuah ini tengah menyelidiki dugaan keterlibatan Imam terkait kasus korupsi dana hibah untuk KONI anggaran 2018.

Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang, mengaku pihaknya masih terus bekerja guna menyeret dugaan keterlibatan sejumlah pihak termasuk Menpora. “Biar kerja dulu lah penyidik. Sabar,” ujar Saut Situmorang, Selasa (22/1/2019).

Saut menyatakan hal itu untuk menyikapi penyitaan sejumlah dokumen yang diduga berkaitan dengan kasus korupsi dana hibah dari ruangan kerja Imam Nahrowi saat penggeledahan oleh penyidik KPK. Untuk itu, Saut berjanji akan terus mengawal perkembangan kasus tersebut kepada penyidik KPK. “Saya harus cek penyidik dulu sudah sejauh mana,” katanya.

Sebelumnya, penyidik KPK menggeledah sejumlah ruangan di Kemenpora dan KONI terkait kasus korupsi dana hibah anggaran 2018. “Ada penggeledahan dari siang sampai sore di beberapa ruangan di Kemenpora termasuk ruang menteri, deputi dan ruang lain serta kantor KONI,” ujar juru bicara KPK, Febri Diansyah waktu lalu.

Dari hasil penggeledahan, kata Febri, penyidik KPK menyita dokumen dari sejumlah ruangan termasuk dari ruangan kerja Menpora Imam Nahrowi. Dokumen itu diduga berkaitan dengan kasus korupsi dari hasil operasi tangkap tangan (OTT) tersebut. “Dari ruang Menpora diamankan dokumen dan proposal hibah,” katanya.

Menurutnya, sejumlah dokumen yang diamankan tersebut selanjutnya akan dipelajari guna kepentingan penyidikan. “Dokumen hibah termasuk catatan-catatan bagaimana proses dari awal dan seperti apa juga pencairannya, bagaimana itu kami sita dan akan kami pelajari,” ujarnya.

Dalam kasus ini, KPK baru menetapkan lima orang tersangka. Kelimanya yakni Sekretaris Jenderal KONI Ending Fuad Hamidy dan Bendahara Umum KONI Jhonny E. Awuy selaku tersangka pemberi suap. Kemudian Deputi IV Kemenpora Mulyana, Pejabat Pembuat Komitmen pada Kemenpora, Adhi Purnomo, dan staf Kemenpora Eko Triyanto selaku tersangka penerima suap.

You might also like