Dugaan Korupsi SDA di Sumbar Disorot KPK

Dugaan korupsi dana pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup di Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat, jadi sorotan KPK. Lembaga antirasuah ini sudah menerima 10 laporan masyarakat dan segera mendalami hal tersebut.

“Laporan tersebut adalah yang berhubungan dengan Sumber Daya Alam saja dari masyarakat, belum tentu juga korupsi. Nanti akan kita klarifikasi lagi,” jelas Wakil Ketua KPK Laode M Syarif, dalam diskusi yang diadakan Perkumpulan Integritas, Yayasan Auriga dan Pusako Universitas Andalas, bertemakan Perbaikan Tata Kelola Kebijakan Dalam Upaya Penyelamatan Sumber Daya Alam Dan Lingkungan Hidup di Indonesia di Hotel Grand Inna, Padang, Selasa (22/1/2019).

Menurutnya, KPK terlebih dahulu akan melakukan klarifikasi untuk mengecek indikasi pidana korupsi dalam laporan masyarakat. Salah satu fokus KPK adalah memberantas korupsi di sektor SDA. Pasalnya, SDA merupakan masa depan sebuah negara. “Pengelolaan SDA yang salah bisa menghancurkan sebuah negara seperti terjadinya berbagai bencana diantaranya banjir dan longsor,” imbuhnya.

SDA sendiri juga salah satu sektor pemasukan yang besar bagi negara seperti perkebunan dan tambang. “SDA adalah penyumbang pemasukan negara yang besar, termasuk SDA yang ada di Sumatra Barat,” tukasnya.

Dia berharap agar kebijakan anggaran untuk sektor lingkungan hidup bisa diperbaharui di masa yang akan datang. “Kita berharap kebijakan anggaran sektor lingkungan hidup ini bisa diperbaiki di masa depan, supaya semua anggaran tersebut tepat guna, tepat sasaran, dan tidak bisa dicuri,” tukasnya.

You might also like