Diperiksa, Orang Tua dan Teman Ibu Bayi yang Dikubur Hidup-hidup

Kasus bayi dikubur hidup-hidup terus disidik. Polresta Sidoarja memeriksa sejumlah saksi dan orangtua kedua pelajar SMK yang tega membunuh bayinya tersebut. Kasus ini ditangani Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polresta Sidarjo.

Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo Kompol Muhammad Harris mengungkapkan, kedua pelajar yang merupakan orang tua bayi tersebut sudah menjalani pemeriksan di ruang Unit PPA Polresta Sidoarjo. “Kasusnya sudah dilimpahkan ke PPA, kami masih mendalami kasus ini,” sebut Harris, Kamis (3/1/2019).

Dari hasil pemeriksaan, ML pacar tersangka Rizatul Mutaqin mengaku sempat tidak setuju ketika bayinya akan dikubur oleh pacarnya itu. Kini, status ML juga masih belum ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut. “(ML) Sempat melarang, namun lakinya (Rizatul Mutaqin, Red) memaksa,” imbuh Harris.

Setelah menetapkan Rizalul Mutakin, sebagai tersangka pelaku pembunuhan bayi sendiri di Sedati, polisi masih melakukan penyelidikan lebih mendalam terkait peran ibu bayi, ML dan dua temannya Angga dan Diva dalam aksi nekat tersebut. “Kita juga akan periksa orang tua ibu bayi,” kata Kapolresta Sidoarjo Kombespol Zain Dwi Nugroho.

Zain menegaskan, otopsi juga dilakukan terhadap bayi untuk mengetahui penyebab kematiannya. Selain itu, informasi dari sejumlah saksi juga akan dikumpulkan untuk melengkapi bukti-bukti. “Saat ini bukti yang ada kita kumpulkan,” jelasnya.

Dari hasil penyelidikan nantinya, polisi bisa menetapkan lebih dari satu tersangka. “Jika cukup bukti kenapa tidak, tapi saat ini masih kita gali,” terangnya.

Kapolsek Sedati I Gusti Made Merta mengatakan, dari hasil bukti dan keterangan para saksi dan tersangka, pihaknya masih menetapkan satu tersangka yakni Rizalul yang juga bapak bayi. Dia dianggap menjadi salah satu dalang untuk mengubur bayinya tersebut hingga meninggal.

Dia menegaskan, perbuatan tersangka melanggar UU RI nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan UU RI nomor 35 tahun 2002 tentang perlindungan anak.

You might also like