Semangat Masyarakat Ikuti Reuni 212

Antusiasme masyarakat terhadap aksi reuni 212 begitu tinggi. Imbasnya, kendaraan yang terparkir di sekitaran Tugu Tani, Menteng, Jakarta Pusat menyebakan kemacetan di sepanjang jalan M Ridwan Rais pada Minggu pagi (2/12) pagi.

“Dari jam setengah 6 sudah padat seperti ini,” kata Maryono penjual ikat kepala bertuliskan tauhid.

Butuh waktu 30 menit untuk melintas di depan Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan hingga lampu merah Jalan M Ridwan Rais atau di sekitaran bundaran Tugu Tani bagi pengendara sepeda motor. Sepeda motor yang melintas dari arah monas menuju tugu tani terpaka melawan arus melintasi jalan Kebon Sirih.

Kemacetan juga diperparah dengan kendaraan roda empat yang ikut memutar arah kendaraannya. Aparat kepolisian di sekitar lokasi tidak berbuat banyak melerai kemacetan.  Peserta reuni 212 pun terpaksa berjalan cukup jauh imbas dari kemacetan tersebut. Tidak sedikit dari peserta yang terpaksa memarkirkan kendaraan cukup jauh dari sekitaran Monas.

Sejumlah massa aksi reuni 212 mulai berdatangan memenuhi sekitaran Lapangan Monas dan Masjid Istiqlal sejak Ahad (2/12) dini hari. Sekitar pukul 04.00 WIB separuh jalan di depan Stasiun Gambir dipakai untuk parkir kendaraan roda dua. Trotoar juga dimanfaatkan oleh sejumlah pihak untuk parkir dan berjualan.