PTM Bengkulu Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp 75 Miliar

Kebakaran besar melanda pasar tradisional modern (PTM) Pasar Minggu di Kota Bengkulu. Kobaran api melahap semua isi dagangan di pasar tersebut. Kerugian ditaksir mencapai Rp 75 miliar.

PTPM Pasar Minggu di Kota Bengkulu itu terbakar Jumat (14/12/2018) kemarin. Sejumlah unit pemadam kebakaran lalulalang memadamkan api yang meranapkan seluruh isi dagangan. Sebahagian pedagang dilaporkan memang sempat menyelamatkan barang jualannya. Api berhasil dipadamkan beberapa jam setelah sebahagian gedung Pasar Minggu menghitam arang.

Informasi diperoleh, Sabtu (15/12/2018), polisi masih menyelidiki asal usul api. Ada dugaan api bersumber dari arus pendek listrik.

Sejauh ini polisi sudah menaksir kerugian yang diderita akibat kebakaran tersebut. “Peristiwa kebakaran itu tidak menimbulkan korban jiwa, namun kerugian pedagang mencapai Rp65 miliar dan kerugian bangunan akibat kerusakan senilai Rp10 miliar,” kata Kapolres Bengkulu, AKBP Prianggodo Heru dalam keterangan tertulisnya.

Dia menjelaskan, kebakaran yang melanda PTM Pasar Minggu itu terjadi sekitar pukul 10:00 WIB. Dugaan sementara api disebabkan korselting arus listrik yang berasal dari kios pakaian milik Hendra di Blok Q lantai II. Ketika api menyala kondisi kios dalam keadaan tertutup karena ditinggal pemiliknya.
“Saat itu ada dua orang saksi yang mencium bau kabel terbakar, mereka melihat asap keluar dari kios Hendra dan berupaya memadamkan api, namun upaya mereka gagal karena api cepat membesar dan merembet ke kios-kios pakaian lainnya,” ujar Prianggodo.

Dia menerangkan proses pemadaman api menggunakan 15 unit mobil Damkar Kota Bengkulu, dua unit mobil Damkar bantuan dari Kabupaten Seluma, satu unit mobil Damkar bantuan Kabupaten Bengkulu Tengah, satu unit Damkar Bandara Fatwamati, dan tiga unit water cannon Polda Bengkulu.
“Kebakaran itu menghanguskan 352 kios pedagang pakaian, 100 lapak penjual daging, dan empat unit sepeda motor,” ungkapnya.

PTM Pasar Minggu merupakan pasar bertingkat dua terbesar yang menjual pakaian di Kota Bengkulu. Lantai I pasar ini diisi 463 kios pedagangan sembako dan pakaian, sedangkan lantai II khusus terdapat 418 kios pedagangan pakaian.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.