Pom Bensin Jual BBM Tanpa Ijin Disegel Polres Lumajang

Satreskrim Polres Lumajang menyegel Nozzel pengisian BBM jenis Premieun di SPBU 54.673.15 di Jalan Raya Senduro Desa Sentul Kecamatan Sumbersuko, Rabu (19/12/2018). Penyegelan dilakukan karena SPBU melakukan penjualan BBM jenis premium pada kendaraan roda 2 dan 4 memodifikasi tangki berukuran besar.

Kapolres Lumajang, AKBP Arsal Sahban mengatakan, penertiban dan penindakana dilakukan anak buahnya dikarenakan ada laporan masyarakat. Pasalnya, ada praktik tata niaga migas tanpa ijin dilakukan oleh kelompok masyarakat dengan memodifikasi tangki BBM.

“Saat petugas datang memang benar ada kendaraan roda 2 dan roda empat antri pembelian BBM,” kata Arsal.

Kedatangan aparat kepolisian membut para pembeli BBM dengan memodifikasi motornya kalang kabut. Petugas langsung mengamankan sebuah mobil Zebra Nopol L 1908 LH yang tangki BBMnya modifikasi sekitar 200 liter.

Petugas juga mengamankan seorang pengawasan dan 2 operator pengisian BBM di SPBU. 12 orang perwakilan terlapor juuga dimintai keterangan mengenai pembelian BBM di SPBU tersebut.

Puluhan pembeli BBM jenis Premium di SPBU Sentul diketahui dari wilayah kecamatan Senudro, Pasrujambe, Candipuro dan Tekung. \”Saya minta ke Reskrim untuk sidik tuntas, karena merugikan masyarakat banyak,\” paparnya.

Dalam perkara ini, kuat dugaan telah terjadi tindak pidana dimana setiap orang yang melakukan Niaga Tanpa Ijin Usaha Niaga, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 53 Huruf d UU No. 22 Tahun 2001 Tentang Migas, mendapat ancaman pidana penjara 3 Tahun dan Denda paling tinggi Rp. 30 miliar. 

You might also like