Merasa Dihina Di Facebook, Caleg Di Ponorogo Lapor Polisi

Seorang calon anggota legislatif (caleg) di Ponorogo melaporkan sebuah akun facebook karena dinilai menghina dan merugikan dirinya yang sedang berkontestasi sebagai calon anggota DPRD Ponorogo.

Pada Rabu (5/12/2018), Siti Noor Ainie, caleg nomor urut 2 di dapil Ponorogo 1 (Kecamatan Ponorogo dan Kecamatan Babadan) mendatangi mapolres Ponorogo. Bersama penasehat hukum dan pengurus DPC PDIP Ponorogo ia melaporkan sebuah akun bernama Wira Tirta ke Satreskrim Polres Ponorogo dan Sentra Gakkumdu setempat.

Siti menyatakan, dirinya dan DPC PDIP merasa tidak terima dengan posting yang dilakukan oleh pemilik akun Wira Tirta. Dalam posting di grup Facebook ‘ICWP tanpa sensor’, akun tersebut memajang foto dirinya yang merupakan alat peraga kampanye.

“Tapi di situ ada penghinaan. Di atas foto kampanye saya ada tulisan ‘Gak punya prestasi untuk Ponorogo, jangan dipilih. Buruk rupa buruk hati pula.’ Seperti itu. Tentu saja saya tidak terima. Kawan-kawan di partai juga tidak terima. Ada logo partai kami juga di situ karena memang mereka yang mengusung saya,” kata wanita yang akrab disapa Nora ini usai melapor.

Ia berharap pihak kepolisian bisa bergerak cepat dan segera mengambil tindakan atas penghinaan ini. Apalagi kalau kemudian bisa melacak pemilik akun dan memprosesnya secara hukum.

Menanggapi hal ini, Ketua Bawaslu Kabupaten Ponorogo Ahmad Syaifulloh sebagai bagian dari Sentra Gekkumdu ia menyatakan telah menerima laporan dari caleg PDIP Siti Noor Ainie. Laporan tersebut atas komentar buruk yang dilayangkan akun Wira Tirta dalam Grup ICWP tanpa sensor.

“Atas laporan tersebut Bawaslu akan mediskusikan dan memplenokan laporan yang masuk. Selanjutnya kami akan berkoordinasi dengan tim cyber crime Polres Ponorogo,” ujarnya