PELECEHAN SEKS ANAK

Longsor di Tobasa, 8 Orang Tewas Tertimbun

Bencana longsor terjadi di Desa Halado Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Rabu (12/12/2018) pukul 23.30 WIB. Empat rumah bersama 11 orang penghuninya tertimbun longsoran tanah. Tragedi ini menewaskan 8 orang, dua selamat, seorang lagi masih dalam tahap evakuasi.

Petugas gabungan dari TNI, Polri, Basarnas dibantu masyarakat berjibaku mencari korban yang dilaporkan hilang saat longsor menerjang empat rumah warga. Proses pencarian yang dilakukan sejak Kamis dinihari hingga menjelang sore itu mengerahkan empat alat berat yang dikirimkan oleh Pemkab Tobasa.

 

Usai dievakuasi, selanjutnya jenazah dalam kantong mayat dibawa ke Klinik PT Inalum tak jauh dari lokasi. Para korban akan langsung diserahkan ke pihak keluarga untuk dibawa ke rumah duka.

Selain longsor di Desa Halado, bencana yang sama juga terjadi di ruas jalan penghubung Tobasa menuju Kabupaten Asahan. Hingga saat ini akses jalan itu belum bisa dilewati karena tertutup material longsoran.
Beberapa jam pasca longsor, Kamis dinihari, ditemukan 2 korban meninggal dunia, yakni Rosdiana Br Nainggolan (35) dan Nia Marpaung (14). Jasad keduanya disemayamkan sementara di klinik PT Inalum. Selanjutnya, tim gabungan hamper seharian menggali dan mengeruk material longsoran, berhasil mengevakuasi enam korban. Para korban ini merupakan satu keluarga yang rumahnya lenyap tertimbun longsoran.

“Situasi ini sudah kita laporkan ke Bupati agar upaya pencarian dan evakuasi cepat dan tanggap. Hanya saja srdikit terkendala, karena kondisi alam yang terjal dan longsor masih terjadi hingga pagi hari ini,” kata Kepala Desa Halado. Jonny Marpaung, Kamis (13/12/2018).

Dikabarkan, pasca kejadian longsor tersebut, saat ini akses jalan dari Kabupaten Tobasa menuju Kabupaten Asahan terputus dan tidak bisa dilalui. Petugas menggunakan alat berat masih membersihkan material longsor.

Selain itu, seorang operator alat berat juga dilaporkan sempat tertimbun longsor saat mengangkut material longsor untuk mengevakuasi korban. Pencarian dengan alat berat terpaksa dihentikan dan operator kemudian dilarikan ke Puskesmas terdekat.

Korban meninggal dunia yang berhasil dievakuasi yakni Rosdiana Br Nainggolan (35), Nia Marpaung (14), Bantu Tambunan (70), Jonnes Tambunan (49), Nurcahaya Marpaung (47), Sumadi Tambunan (10), Amri Tambunan (15) dan Serli Tambunan (19).

You might also like