Kakanwil Kemenag Sumut: “Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Madrasah”

MTsN 2 Medan Miliki Ruang Kelas Baru

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumut, Drs H Iwan Zulhami MAP meresmikan pemakaian ruang kelas VII 10 dan Kantor Koordinator Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Medan di Jalan Peratun No 3 Medan, Sabtu (8/12/2018).

Menurutnya, keberadaan dua bangunan baru yang berdampingan itu sebagai wujud kerja sama segenap civitas untuk memberikan kenyamanan dalam proses belajar-mengajar di lingkungan MTsN 2 Medan. Pihaknya berharap, kualitas lulusan yang dihasilkan akan meningkat seiring dengan perkembangan sarana dan prasarana pendidikan ini.

“Tetap pertahankan kerja sama demi meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah ini di masa mendatang,” tegasnya dihadapan sejumlah undangan, diantaranya, Kepala Kantor Kemenag Kota Medan, H Al Ahyu MA, Tokoh Pendidikan, Yulizar Parlagutan Lubis, Ketua Komite MTsN 2 Medan, H Supardi SpdI didampingi sejumlah pengurus, perwakilan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Medan, serta Kepala MTsN 2 Medan, Dr Salman Munthe MSi dan para guru.

Sebelumnya, Kepala MTsN 2 Medan, Dr Salman Munthe MSi melaporkan, dua bangunan baru, berikut mobiler dalam kelas serta perbaikan empat kamar mandi untuk murid bernilai Rp319.040.000 tersebut merupakan bagian dari program kerja para pengurus Komite Sekolah di bawah kepemimpinan H Supardi.

“Peminat MTsN 2 Medan setiap tahun semakin bertambah, sementara sarana dan prasarananya tidak mencukupi, sehingga dibutuhkan ruang kelas baru agar proses belajar dan mengajar menjadi nyaman,” ungkapnya.

Kakanwil Kemenag Provsu, Drs H Iwan Zulhami MAP menandatangani prasasti usai meresmikan ruang kelas baru dan Ruang Koordinator MTsN 2 Medan di Jalan Peratun Medan, Sabtu (8/12/2018)

Ia menjelaskan, bangunan ruang kelas dimaksud berukuran 8×8 meter (m), Ruang Koordinator sekira 4×8 m dan empat unit kamar mandi yang masing-masing berukuran 1,5×1,5 m. Untuk mobiler di kelas, lanjutnya, terdapat 100 unit meja kelas reguler, 400 unit kursi kelas reguler, 30 unit lemari, 4 unit AC di kelas Plus, 56 unit meja di kelas Plus dan 2 unit loker di kelas Plus.

Hal itu dibenarkan Ketua Komite MTsN 2 Medan, H Supardi. Ia mengklaim, MTsN 2 Medan telah menjadi salah satu sekolah keagamaan negeri yang diminati warga Kota Medan. Indikasi itu terlihat dari semakin membludaknya peminat yang mendaftar setiap Penerimaan Siswa Baru (PSB). Satu hal yang membuat madrasah ini membutuhkan ruang kelas baru agar proses belajar-mengajar menjadi nyaman.

Setelah bermusyawarah dengan para orang tua murid, kata Supardi, akhirnya disepakati untuk membangun ruang kelas baru, Ruang Koordinator dan Masjid yang semula hanya berbentuk Musholla.

“Alhamdulillah kita sudah bisa merampungkan pembangunan ruang kelas baru, Ruang Koordinator dan perbaikan kamar mandi,” sebutnya.

Saat ini, pihaknya masih merampungkan pembangunan Masjid yang diharapkan selesai enam bulan lagi. “Setelah itu, kita akan meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan lainnya,” tukasnya.

Pada kesempatan itu, H Supardi juga menyerahkan dokumen aset bangunan dan mobiler kepada Kepala MTsN 2, Dr Salman Munthe MSi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.