PELECEHAN SEKS ANAK

Affan Rangkuti: Jangan Gerah Atas Dukungan Al Washliyah Sumut

Buntut Rekomendasi Dukungan Kepada Joko Widodo-Ma’ruf Amin

Sejumlah pihak diminta tidak tendensius dan terlalu berlebihan menyikapi dukungan Pengurus Wilayah Alwashliyah Sumut kepada salah satu calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2019 mendatang.

                “Sah-sah saja memberikan dukungan. Tak ada yang keliru dengan dukungan itu. Kecuali memerintah, nah ini baru lain soal,” kata Affan Rangkuti salah satu Pengurus Besar Al Washliyah saat ditanya tentang hasil rapat pleno khusus, Kamis (20/12/2018).

Affan menilai, hak dalam bersikap tak perlu dihegemoni dengan redaksi independen. Makna independen terlalu kerdil jika disandingkan dalam sebuah sikap, apakah menyangkut politik atau tidak. 

“Al Washliyah bukan militer, bukan juga organisasi birokrasi. Al Washliyah adalah organisasi masyarakat yang juga memiliki hak melakukan dukungan, bukan instruksi. Apalagi mendukung sesuatu yang tak salah, kecuali yang didukung itu salah, misalkan mendukung perbuatan-perbuatan yang salah dalam hukum positif, contoh Al Washliyah Sumatera Utara mendukung ISIS, nah ini baru salah,” katanya.

Affan juga menyampaikan beda antara dukungan dengan perintah atau instruksi. Menyikapi tentang pernyataan dukungan kepada calon tertentu yang katanya menjadi kisruh, gaduh dan lainnya baginya pernyataan-pernyataan itu biasa saja.  “Tak ada itu kisruh, biasa-biasa saja kok. Biasa berbeda pendapat. Lahir di satu rahim yang sama saja bisa berbeda pendapat, apalagi lain rahim,” jawabnya dengan motion senyum.

Terkait tentang hukuman yang akan diberikan kepada PW AW Sumut, menurutnya hal ini juga tuntutan yang tidak masuk akal. “Mengapa harus dihukum. Gak perlu hukum menghukum. Tak ada yang salah jadi tak perlu dihukum. Dihukum kok karena mendukung. Sekali lagi saya katakan kata mendukung tak mengandung substansi memerintah kok. Jadi ya gunakan akal sehat. Kalau akal sehat digunakan kita akan menjadi sehat dan bahagia. Kecuali kalau mau sakit, ya memang tak perlu menggunakan akal sehat,” ujarnya.

Ia meminta semua elemen organ bagian Alwashliyah untuk dapat menyikapi perbedaan dengan prespektif berfikir indah. Apakah membawa nama organisasi atau tak membawa nama organisasi ya silahkan saja. “Selama bertujuan untuk kebaikan ya silahkan saja saya kira, asal jangan kata mendukung diganti menjadi memerintah,” tutupnya.

Sebelumnya, dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PW Alwashliyah bersama jajaran se-Sumatera Utara, merekomendasikan pernyataan mendukung calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 yakni pasangan Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin. Pernyataan dukungan itu menuai kontroversi di kalangan internal organisasi tersebut.

You might also like