Ratusan Napi Lapas Lambaro Kabur, Rampas Sepedamotor Warga

Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas II-A Lambaro, Aceh Besar, dikabarkan rusuh. Ratusan narapidana disebut-sebut melarikan diri usai sholat maghrib, Kamis (29/11/2018).

Informasi kaburnya narapidana itu bersileweran di dunia maya, terutama di group-group WhatsApp. Para narapidana dikabarkan melarikan diri setelah membobol dan menerobos salah satu sisi Lapas yang berada di Desa Reuleh, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar tersebut.

Kaburnya narapidana (napi) itu membuat masyarakat resah. Soalnya, para napi itu kabur dengan membawa senjata tajam. Apalagi ada masyarakat yang sedang melintas disebutkan menjadi korban kekerasan para terpidana yang melarikan diri. Sepedamotornya dirampas lalu turut dibawa kabur. Masyarakat yang melintas di LP Lambaro Aeh Besar dihimbau harus waspada, karena napi menggunakan senjata tajam dan merampas kendaraan yang melintas di jalan raya Medan-Banda Aceh,” tulis info di group WhatsApp.

Kakanwil Kemenkumham Aceh Agus Thaib dan Kadiv Pas Kumham Aceh Teuku Meurah Budiman belum memberi keterangan terkait informasi kaburnya napi Lapas Lambaro. Sejumlah media mencoba menghubungi keduanya untuk mendapatkan keterangan, juga belum dijawab. Sejauh ini beredar kabar petugas kepolisian disebut telah berhasil mengamankan tiga napi yang kabur.

Peristiwa kaburnya narapidana Lapas Klas II-A Lambaro terjadi sekitar pukul 18.30 WIB. Para napi kala itu sebahagian sedang melaksanakan sholat maghrib di musholla. Sementara sebahagian lainnya membawa barbell membobol kawat pengamanan lalu berupaya menerobos pintu akses P2O. Namun, karena pintu akses terkunci, mereka melewati aula dan gudang lapas. Selanjutnya dengan barbel dan benda tumpul lainnya, mereka mendobrak besi terali jendela ruang aula dan gudang yang menghadap keluar Lapas. Sebagian narapidana keluar, namun ada juga yang kembali ke mushola Lapas untuk melaksanakan sholat magrib berjamaah.

Dalam kejadian ini, Budi seorang sipir yang sedang berada di parkiran Lapas dilaporkan babak belur diamuk narapidana yang melarikan diri. Para napi juga merampas sepedamotor BL 3127 AH milik Nurlaila yang saat itu sedang melintas di jalanan sekitar Lapas Klas II-A yang over kapasitas itu.