Muslim Cianjur Pawai Bendera Tauhid

Ribuan umat muslim yang tergabung dalam Aliansi Umat Islam Cipanas menggelar aksi damai bela tauhid, sebagai bentuk protes terhadap pembakaran bendera berisi kalimat tauhid beberapa waktu lalu di Garut Jawa Barat.

Pantauan di lapangan, ribuan umat muslim menjalankan aksinya usai shalat Jumat dengan menggelar pawai yang dimulai dari Kecamatan Pacet, menyusuri ruas Jalan Cipanas hingga ke kawasan Kota Bunga. Aksi pawai tersebut berhenti setelah adanya hujan turun sekitar pukul 16:00 WIB. Para paserta aksi pun langsung membubarkan diri dengan tertib, Jumat (9/11).

“Pawai ini bertujuan untuk mempublikasikan bahwa bendera tauhid ini bukan bendera HTI, tetapi bendera ini adalah panji Rasulullah. Diharapkan masyarakat juga paham mengenai hal ini,” kata Ahmad Sumarna Sekretaris DPC FPI Cipanas usai menggelar parade.

Ahmad menambahkan, bahwa parade ini merupakan rentetan dari kejadian pembakaran bendera tauhid di Garut Jawa Barat beberapa waktu lalu.

“Aksi Ini merupakan rentetan dari kejadian di Garut dan semoga tidak terulang lagi. Mengenai hukuman kepada pelaku yang hanya di vonis 10 hari kita tetap patuhi dan hargai keputusan Hakim dan semoga kejadian di Garut yang terakhir,” tegasnya.

Salah satu peserta aksi, Ahmad (81) warga Cibodas Pacet mengungkapkan, bahwa dirinya sengaja mengikuti aksi bela tauhid tersebut dengan keinginan sendiri, dan tidak ada ajakan maupun paksaan.

“Saya sengaja ingin ikut pawai ini. Dulu juga pada saat aksi 212, saya ikut juga. Hanya pada saat aksi di Cianjur waktu itu, gak ikut,” ungkapnya.