Longsor Purwakarta, Empat Orang Tewas

Sebanyak empat orang meninggal dunia saat tanah menimpa rumah warga di Kampung Krajan, Desa Salam Jaya, Kecamatan Pondok Salam, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Selasa malam (27/11). “Bencana longsor terjadi setelah hujan deras pada Selasa malam,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Purwakarta Wahyu Wibisono di Purwakarta, Rabu (28/11/2018)

Ia mengatakan jenazah korban meninggal dunia yang terdiri atas Ki Bakri (90 tahun), Ma Acem (87), Iwan (30) dan Intan (tujuh) baru bisa dievakuasi setelah 12 jam terkubur dalam longsoran tanah. “Proses evakuasi dimulai sejak Selasa malam sekitar pukul 21.00 WIB pascalongsor, hingga korban terakhir tadi ditemukan Rabu pagi sekitar pukul 09.00 WIB,” katanya.

Menurut dia, evakuasi dilakukan tanpa menggunakan alat berat karena lokasi ketiga rumah yang rusak berat akibat tanah longsor itu berada di gang kecil yang sulit dilewati kendaraan. “Evakuasi dilakukan dengan menggunakan floating pump. Petugas gabungan dari DPKPB, kepolisian, TNI, dan warga berusaha mencari korban dengan cara menyemprotkan air,” kata Wahyu.

Selain mengakibatkan empat orang meninggal dunia, bencana tanah longsor di Kampung Krajan juga menyebabkan lima orang terluka, yakni Yanti (25) Yeyet (45), Ima (20), Dede (12) dan Ridwan (lima).

You might also like