KPK IKLAN

Lelaki Ditangkap Karena Sebarkan Informasi 110 Juta e-KTP Untuk Warga Cina

Polisi menangkap seorang pria berinisial SY lantaran membuat informasi bohong via Youtube berjudul “110 juta e-KTP Dibikin Warga Cina Siap Kalahkan Prabowo ditangkap TNI Kemana Polri”. Pria 35 tahun itu ditangkap di Bandung, Selasa (20/11/2018).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, konten tersebut adalah konten yang tidak benar berisikan kompilasi beberapa video. Menurut Dedi, tersangka mengaku mendapat konten-konten dari Facebook dan dikombinasikan, lalu diunggah ke Youtube.

“Tersangka tidak melakukan klarifikasi mengecek kebenaran berita yang ditemukan pada news feed akun Facebook-nya dan mem-posting konten tersebut di akun channel Youtube milik tersangka,” katanya, Rabu (21/11).

Yang terdapat dalam konten tersebut di antaranya adalah video penangkapan yang dilakukan jajaran Polres Tidore terhadap pelaku pembuat KTP palsu pada November 2017 lalu. SY yang sehari-hari bekerja sebagai teknisi komputer di Bandung tersebut berniat untuk mendapatkan iklan dari berita-berita yang di-posting di channel Youtube yang dibuatnya.

Namun, walaupun telah memiliki 46.793 subscribers dan telah menguggah 900-an video, tersangka belum pernah mendapat honor karena konten yang diunggahnya melanggar ketentuan hak cipta yang ditentukan oleh Youtube.

“Berita terkait KTP palsu yang di-posting tersangka sudah ditonton sebanyak 93 ribu kali dan berita bohong ini dapat menyebabkan timbulnya kesalahpahaman di masyarakat,” ujar Dedi.

Penyidik pun menyita sejumlah peralatan yang digunakan tersangka untuk memunggah berita bohong, termasuk akun-akun milik tersangka sebagai alat bukti. Pasal yang disangkakan adalah pasal 15 UU No 1/1946 tentang Peraturan Hukum Pidana karena telah menyiarkan kabar yang tidak pasti atau kabar yang berkelebihan atau tidak lengkap, sementara tersangka patut menduga bahwa kabar tersebut dapat menerbitkan keonaran di kalangan masyarakat dengan sanksi hukuman penjara paling lama dua tahun.

You might also like