KPK IKLAN

Konsisten Gelar Turnamen Catur, Pembina PB Percasi Puji Hatta Taliwang

ForumKeadilan.com, Jakarta – Pembina Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) Maruarar Sirait memuji aktivis senior Hatta Taliwang setinggi langit. Ara, sapaan akrabnya, memuji Hatta Taliwang karena selalu sukses menggelar turnamen catur.

“Saya merasa Bang Hatta ini bekerja dengan hati dan profesional. Bang Hatta konsisten, saya pelajari Bang Hatta dengan timnya, betul-betul bekerja dengan hati,” kata Ara saat memberikan sambutan dalam Turnamen Catur Memperebutkan Piala Hatta Taliwang yang digelar di Gedung Gramari LAN, Minggu, 18 November 2018.

Pernyataan Ara ini diungkapkan  setelah ia berbincang dengan salah satu peserta turnamen. Menurut Ara, beberapa peserta merasa diperlakukan secara adil sehingga puas dengan pelaksanaan turnamen tersebut.

Ara sendiri sudah sekitar lima kali bekerjasama dengan Hatta dalam turnamen catur nonmaster. Bahkan dalam beberapa kesempatan, Ara juga menjadi sponsor utama turnamen tersebut.

Diketahui, dalam turnamen kali ini, lebih dari 500 pecatur non-master dan master wanita di bawah 15 tahun mengikuti turnamen catur dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang memperebutkan Piala M Hatta Taliwang.

Sementara itu, saat ditemui di sela-sela turnamen, Hatta Taliwang mengatakan bahwa  memperingati Hari Pahlawan sangat penting dilakukan, termasuk juga oleh para pecatur. Tujuannya agar mereka tidak lupa akan jasa, pengabdian, dan perjuangan para pahlawan bangsa ini di masa lalu.

“Turnamen ini dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Kita ingin kita semua, kawan-kawan pecatur dapat mengenang, mengingat, dan merenungkan bagaimana perjuangan para pahlawan. Jadi ini penting agar para pecatur tidak lupa dengan para pahlawan kita,” kata Hatta.

Biasanya, selama ini turnamen catur digelar dengan trophy hasil kerjasama Hatta Taliwang dengan beberapa tokoh politik dan aktivis, seperti Hariman Siregar dan Maruarar Sirait, namun turnamen kali ini hanya merebut piala tunggal atas nama Hatta Taliwang.

Menurut Hatta, hal itu sebagai bentuk penghargaan dari para aktivis dan politisi yang bergelut di dunia catur.

“Ini tunggal, hanya merebut Hatta Taliwang. Trophy ini sebagai penghargaan dari kawan-kawan karena saya sudah banyak menggelar turnamen-turnamen catur dan sukses luar biasa,” kata Hatta yang juga aktivis senior ini.

Selain trophy bergengsi, turnamen ini juga menggelontorkan hadiah total uang tunai sebesar Rp 55 juta, yang akan dibagikan kepada 100 peserta terbaik.

“Kami akan mengambil 100 peserta terbaik. Mereka semua akan dapat uang tunai. Untuk juara 1 sebesar 10 juta rupiah, juara 2 sebesar Rp 7.500.000, juara sebesar 3 Rp 5.000.000, dan seterusnya,” ujarnya.

Dalam turnamen ini, peraturan permainan yang dipergunakan adalah peraturan FIDE terkini yang disesuaikan dengan peraturan Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) terbaru yang berlaku resmi mulai 1  Januari 2018.

Sementara, sistem pertandingan menggunakan sistem Swiss 10 babak. Di mana per babak menghabiskan waktu 30 menit. BatasWO adalah 10 menit.

You might also like