Buronan Pencuri Truk Diciduk

Setahun lebih jadi buronan, Astriyono (32), warga Jalan Ikan Piranha Atas XXII, Kelurahan Kemirahan, Lowokwaru, Kota Malang akhirnya berhasil ditangkap Unit Reskrim Polsek Karangploso, Minggu (4/11/2018) malam.

Astriyono dibekuk petugas di rumahnya atas kasus penipuan dan penggelapan truk bernopol S-9688-WC milik Agus Hadi Swarsono (37), warga Jalan Singo Joyo, Desa Ngenep, Karangploso, Kabupaten Malang.

“Selama setahun ini dia kami buru. Begitu ada informasi tersangka pulang ke rumahnya, langsung kami amankan,” terang Kapolsek Karangploso, AKP Effendy Budi Wibowo, Senin (5/11/2018).

Kasus penipuan dan penggelapan truk terjadi pada 30 Agustus 2017 lalu. Kejadiannya di rumah korban, Jalan Singo Joyo, Desa Ngenep, Karangploso. Siang itu, sekitar pukul 11.00, tersangka datang ke rumah korban.

Berminat untuk meminjam kendaraan truk, pelaku berdalih akan digunakan untuk mengangkut barang rumah tangga di Surabaya. Tersangka meminjam selama tiga hari.

Lantaran kenal dan tidak curiga, korban langsung meminjamkannya. Truk beserta STNK diserahkan pada tersangka. Namun dua minggu berlalu, ternyata tidak kunjung dikembalikan.

Korban yang khawatir lantas menghubungi tersangka. Ketika ditanyakan, tersangka selalu beralasan masih digunakan. Namun beberapa hari kemudian ketika dihubungi sudah tidak bisa lagi.

Merasa ditipu pelaku, korban melapor ke Polsek Karangploso. Berdasarkan laporan itulah, polisi lantas menyelidiki keberadaan tersangka. “Kami masih kembangkan kasusnya. Karena truk yang digelapkan telah dijual tersangka dan kini sedang kami cari keberadaannya,” beber Kapolsek.