18 Napi Kabur Tertangkap, Langsung Dipindahkan ke LP Ingin Jaya

Kepolisian Daerah Nanggroe Aceh Darussalam memburu ratusan narapidana yang kabur dari Lapas Klas II-A Lambaro. Dalam waktu beberapa jam, polisi berhasil mengamankan 18 narapidana dari sejumlah tempat.

“Sudah kita amankan 18 (narapidana-red),” ucap Wakapolda Aceh, Brigjen Pol Yanto Tarah, Kamis (29/11/2018) malam.

Sebelumnya dilaporkan sekitar 110 narapidana yang kabur. Namun setelah diverifikasi ternyata yang melarikan diri mencapai 113 orang. Mereka kabur dengan merusak fasilitas penjara Lapas yang berada di batas antara Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar.

Menurut Brigjen Pol Yanto Tarah, sejumlah narapidana sudah dipindahkan ke LP Ingin Jaya. Sedangkan pengejaran terhadap napi yang kabur akan terus dilakukan oleh pihak kepolisian bersama penyidik Kemenkumham.

Kepala Lembaga Permasyarakatan LP Kelas II A Banda Aceh, Endang Lintang Hardiman MH yang dihubungi terpisah mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian, “Sama pak Kapolres sudah koordinasi, Saya di Jakarta sekarang, besok saya pulang. Ini lagi cari tiket,” kata Endang Lintang.

Menurutnya kaburnya napi tersebut karena ada kebijakan baru, “Dulu seenaknya, sekarang sudah diterapkan SOP, para napi jadi gerah. Mungkin karena penerapan itulah mereka kabur,” sebut Endang Lintang dari ujung telepon.