Wakapolda Jatim Sumbang Korban Gempa Di Pulau Sapudi Sumenep

Forum Keadilan.com Gempa bumi juga melanda Situbondo Jawa Timur (Jatim) juga merembet ke Pulau Sapudi, Sumenep, Madura. Selain kerusakan rumah hingga masjid juga ada yang meninggal dunia. Mendengar kabar duka itu, Wakapolda Jatim Brigjen Pol M Iqbal bersama didampingi Irwasda dan Dir Sabhara langsung mengunjungi Pulau Sapudi Sumenep.

Suasana di Pulau Sapudi Sumenep

Selain memberikan bantuan sembako, Wakapolda Iqbal juga memberikan tali asih kepada keluarga korban meninggal dunia. “Saya pesan pada warga masyarakat yang menjadi korban gempa agar lebih sabar dan tawakal menerima cobaan dari Allah SWT,” kata Iqbal saat meninjau lokasi di Pulau Sapudi Sumenep, Sabtu (13/10/2018).

Iqbal juga sempat mengunjungi keluarga korban meninggal sembari menitipkan sumbangan dari Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan. Kehadirannya ini pun disambut beberapa warga, bahkan ada yang menangis menceritakan kesedihannya usai terkena musibah.

Tak hanya menyambangi tenda-tenda pengungsi, Iqbal juga sempat meninjau lokasi tenda yang didirikan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) Polda Jatim. Iqbal memastikan fasilitas kesehatan yang disediakan cukup memadai.

Mantan Kapolrestabes Surabaya ini juga meninjau tenda penyimpanan untuk memastikan bahan makanan hingga pakaian cukup untuk para korban. “Kami sempat meninjau lokasi tenda penyimpanan puluhan ton beras, gula dan ribuan kotak bahan makanan dan pakaian, serta ratusan sak semen,” katanya.

Tak lupa, Iqbal juga berterimakasih kepada seluruh jajaran Polisi dan TNI yang bergotong-royong bersama masyarakat untuk mendirikan tenda hingga membangun kembali rumah yang runtuh. “Saya berterimakasuh pada Kapolres, Dandim, Muspika dan masyarakat setempat yang dibantu dari Brimob, Sabhara dan Provost Polda Jatim dengan cepat tanggap bergotong royong mendirikan tenda penampungan, dapur umum sehingga para korban merasa aman dan nyaman walaupun berada di tenda untuk sementara waktu,” lontar jenderal bintang satu ini.

Diakui Polda Jatim bergerak cepat mengerahkan bantuan personel ke Sumenep, Madura, Jawa Timur. Kiriman pasukan ini diharapkan dapat membantu masyarakat setempat untuk segera pulih usai dilanda gempa 6,3 magnitudo yang mengguncang Situbondo, Kamis (11/10) dini hari.

Wakapolda Jatim juga memerintahkan 200 personel untuk berangkat ke Sumenep. 200 personel itu diterjunkan ke berbagai polsek di Sumenep dan Pulau Sapudi, pada Jumat (12/10). Sekitar 200 personel itu dibagi ke dalam empat divisi yang berbeda. Yakni tim trauma healing (pemulihan), tim medis, tim dapur umum dan tim bakti sosial. Frans memastikan pasukan ini siap membantu masyarakat serta mendukung kekuatan personel di polsek setempat.

“Pasukan ini juga dilengkapi kendaraan taktis seperti mobil Brimob yang digunakan sebagai dapur umum mobile,” tambah Frans.
Terkait waktu penugasan, Frans mengatakan, pasukan akan ditempatkan di Sumenep hingga kondisi masyarakat mulai membaik. “Lamanya itu nanti situasional. Yang penting kita pastikan masyarakat tenang sampai bantuan yang diminta sampai secara aman dan merata,” jelasnya.

Gempa terjadi pukul 01.44.57 WIB, Kamis (11/10/2018). Titik pusat gempa berada di 7,42 Lintang Selatan dan 114,47 Bujur Timur.
Sejak hari pertama, petugas terus berdatangan ke lokasi korban gempa, baik yang berada di Kecamatan Nonggunong maupun di Kecamatan Gayam (dua kecamatan ini ada di Pulau Sapudi).

Akibat gempa kerusakan bangunan milik warga dan fasilitas umum sebanyak 498 unit. Di Kecamatan Gayam sebanyak 427 bangunan dan 71 bangunan lainnya di wilayah Kecamatan Nonggunong. Dan nyawa seorang warga melayang. (IPEH)