Polisi Bilang, Amien Tak Usah Takut Dan Jangan Mangkir Lagi, Ya

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto meminta Amien Rais untuk tenang dan tidak takut terkait pemanggilan sebagai saksi dalam kasus hoaks Ratna Sarumpaet. Setyo menerangkan alasan pemanggilan Amien Rais sebagai saksi dalam kasus hoaks Ratna Sarumpaet untuk klarifikasi.

Polda Metro Jaya menjadwalkan pemeriksaan terhadap Amien Rais, terkait kasus hoaks Ratna Sarumpaet, pada Rabu (10/10/2019. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono berharap, mantan Ketua Umum PAN itu tidak mangkir lagi

“Iya jadi besok agendanya adalah memeriksa bapak Amien Rais,” ujar Argo Yuwono di Jakarta, Selasa (9/10/2018).

Argo mengaku yakin kali ini Amien Rais akan penuhi panggilan penyidik. Tunggu saja kata dia, Amien Rais akan hadir bersama kuasa hukumnya dengan MA bawa pendukungnya. “Kita tunggu saja kehadirannya. Insya Allah hadir ya,” ucapnya.

Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais dipanggil terkait kesaksiannya terhadap cerita Ratna. Ratna Sarumpaet mengungkapkan cerita khayal penganiayaannya di hadapan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo dan Amien Rais.

Meskipun kemudian Ratna mengakui bahwa ceritanya adalah sebuah kebohongan semata. Ratna pun menggelar konferensi pers dan mengungkapkan permohonan maafnya kepada Prabowo dan Amien Rais.

Ratna Sarumpaet telah mendekam di dalam tahanan Polda Metro Jaya sejak Jumat (5/9). Polda melakukan penahanan terhadap Ratna setelah sebelumnya Ratna berniat kabur ke luar negeri. Guna penyidikan, Imigrasi pun mengeluarkan surat pencegahan kepada Ratna selama 20 hari agar tidak bisa melakukan perjalanan keluar negeri. Surat tersebut dapat diperpanjang sesuai kebutuhan penyidikan.