Komplotan Dukun Palsu, Tipu Pata Ibu Setengah Baya

Subdit III Jatanras Ditkrimum Polda Jatim berhasil mengungkap perkara penipuan berkedok sebagai dukun pengobatan, yang telah beraksi di wilayah Trenggalek, Jember, dan Tulungagung.

Kasubdit Jatanras, AKBP Leonard M. Sinambela menjelaskan, kasus ini adalah pengembangan dari sebelumnya yang sudah mengamankan tiga orang tersangka yakni Yazid, Yusuf, dan Samsul. Ketiganya telah dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Kali ini, petugas kembali mengamankan satu diantara komplotan pelaku gendam ini, yakni Ahmad Fuadi (43), seorang pengangguran warga Ngabar Kecamatan Keraton Pasuruan.

“Dengan modus berkedok sebagai dukun pengobatan,” ujarnya, Jumat (26/10/2018).

Untuk menjalankan aksinya, komplotan ini bekerja secara berkelompok dengan menggunakan mobil. Kemudian mereka hunting, untuk mencari sasaran atau korbannya adalah wanita setengah baya.

“Dan memakai perhiasan,” tambahnya.

Para pelaku berbagi tugas, satu orang bertugas untuk menghampiri calon korban. Dan menanyakan kondisi kesehatan korban, kemudian diperdaya agar mau diajak ke mobil dengan alasan akan disembuhkan.

“Di mobil, korban bertemu tersangka yang berpura pura bisa mengobati, dengan menggunakan pakaian gamis,” ungkapnya.

Kemudian seluruh perhiasan yang dikenakan korban, diminta untuk dilepas oleh korban. Kemudian tersangka Fuadi memberi korban benda seperti jimat. Lalu diturunkan disuatu tempat.

“Setelah korban pulang ke rumah, ternyata isinya adalah batu kerikil dan uang Rp 2000 yang sudah di bungkus oleh tersangka,” terangnya