Heboh Tanah Terbelah Di Depok

Kampung Pedurenan RT2/2, Kelurahan Cisalak Pasar (Cipas), Cimanggis, dibuat tercengang dengan fenomena tanah terbelah di lahan kosong yang tak jauh dari rumah warga. Belahannya cukup lebar, panjang belahan sampai 20 meter.

Hingga kemarin, belum diketahui musabab tanah tersebut terbelah. Warga RT2/2 Kelurahan Cisalak Pasar, Nasa mengatakan, kejadian tanah terbelah terjadi setelah hujan deras disertai angin kencang, pada Sabtu (20/10/18).

“Waktu itu sedang hujan deras, sekitar pukul 15:00 WIB. Anak perempuan saya yang menyadari tanah terbelah langsung melaporkan ke saya, saya lihat air hujan tiba tiba masuk ke dalam belahan tanah yang retak di lapangan,” ungkapnya kepada  wartawan, Minggu (21/10/2018).

Dia mengaku, tetangga dan warga lain yang berdatangan ke lokasi awalnya tidak merasa ada yang janggal, ihwal terbelahnya tanah tersebut. Pasalnya, tidak ada tanda-tanda pergeseran tanah.

“Ya tidak ada getaran-getaran (gempa) atau apapun. Namun, memang anginnya kencang disertai petir,” bebernya.

Nasa menjelaskan, warga sekitar kaget setelah hujan berhenti, ternyata tanah di lapangan tersebut telah terbelah dengan posisi horizontal.

“Itu dalam, bisa dilihat ada sekitar kurang lebih 1,5 meter kedalamannya. Sempat warga masukin bambu panjang hampir dua meter ke salah satu celah tanah itu dan ternyata cukup dalam,” paparnya.