Habis Diangkut Dari Bandara, Ratna Ditetapkan Sebagai Tersangka

Kamis malam 4/10/2018 Ratna Sarumpaet baru saja duduk di kursi pesawat Turkish Airlines di Bandara Soekarno-Hatta. Tiba-tiba didatangi petugas imigrasi. Ratna diminta keluar dari pesawat denan alasan sudah keluar surat cekal dari pihak kepolisian.

“Mana polisinya?” tanya Ratna ke petugas imigrasi karena tidak bisa menjelaskan alasan pencekalan. Jawaban yang dia terima adalah digiring keluar pesawat.

Hal tersebut dikonfirmasi Kapolres Bandara Soekarno-Hatta AKBP Viktor Togi Tambunan. Dia mengaku telah menerima surat pencegahan untuk Ratna.

“Kalau saya di Polresta Bandara ini memang menerima surat pencegahan. Benar sekarang sedang dalam proses pencegahan,” ujarnya pada wartawan, Kamis (4/10/018).

Namun Victor enggan menjelaskan lebih rinci terkait pencegahan Ratna dan dibawa kemana ibunda dari Atiqah Hasiholan itu. “Kalau proses selanjutnya, penjelasannya dari penyidik Polda Metro,” tukasnya.

Sementara dari informasi yang dihimpun, Ratna rencananya akan terbang ke Chile. Kabarnya, dia akan menghadiri konferensi penulis naskah teater perempuan sedunia. Ratna diundang untuk memberikan pidato kebudayaan di acara pembukaan konferensi tersebut.

Tak lama setelah dicekal, Penyidik Polda Metro Jaya menetapkan  Ratna sebagai tersangka. Ratna sebelumnya dilaporkan ke polisi karena hoax berita penganiayaan.

“Sudah tersangka,” kata Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya AKBP Jerry Siagian pada wartawan, Kamis (4/10/2018).