Tingkatkan Profesionalitas, Inkop TKBM Gandeng LSP Transportasi

Jakarta, ForumKeadilan.com Induk Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (Inkop TKBM) Pelabuhan bertekad meningkatkan kompetensi dan profesionalitas TKBM dalam memberikan pelayanan bongkar muat barang dari dan ke kapal sebagaimana diamanatkan SKB 2 Dirjen dan 1 Deputi.

Di samping itu, Inkop TKBM Pelabuhan juga berusaha untuk memenuhi Peraturan Menteri Perhubungan yang mewajibkan semua TKBM di pelabuhan memiliki sertifikat.

Dalam upaya mencapai hal tersebut, Inkop TKBM Pelabuhan pun menggandeng Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Transportasi Indonesia guna melakukan uji kompetensi dan sertifikasi TKBM selama bulan ini.

Sekretaris Inkop TKBM, Agoes Budianto mengungkapkan bahwa upaya untuk mensertifikasi TKBM adalah persyaratan yang harus dilakukan dan meningkatkan profesionalitas fungsi pelayanan arus bongkar muat barang di pelabuhan oleh TKBM.

“Saat ini sudah hampir 2.500 orang TKBM yang akan disertifikasi melalui program kerjasama ini. Tentunya kita berharap program ini akan berkelanjutan nantinya,” kata Agoes, Jumat (28/9).

“Dalam menghadapi kemajuan pelabuhan dan mendorong program kemaritiman pemerintah, Inkop TKBM Pelabuhan saat ini telah menyiapkan langkah dan program strategis dalam mengantisipasi kesiapan TKBM dalam menghadapi perubahan tersebut. Salah satunya yang terpenting adalah menyiapkan TKBM yang memiliki kompetensi yang bersertifikasi,” paparnya.

Inkop TKBM Pelabuhan sendiri, menurut Agoes, sangat berharap program sertifikasi ini nantinya dapat mewujudkan keinginan bersama dalam mendukung kemajuan pelabuhan dan memberikan pelayanan bongkar muat di pelabuhan yang lebih maju ke depan.