Tiga Dari Lima Pencuri Mobil Ditembak Kakinya Oleh Tim Buser Polres Malang

Tim Buser Satreskrim Polres Malang menembak tiga orang pencuri mobil. Sementara dua orang lainnya selaku penadah mobil curian, ikut diamankan.

“Tiga orang ini spesialis pencuri mobil antarkota. Mereka ini residivis. Kami terpaksa melumpuhkan kakinya karena berusaha melawan saat ditangkap,” ungkap Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, Rabu (26/9/2018) sore, saat Konferensi Pers di Mapolres setempat.

Kelima pelaku tertangkap Tim Resmob usai mencuri mobil Toyota Yaris N-1825-FG di Perum Posindo, Kecamatan Turen, milik Adi Eko Susanto (39), seorang pengusaha distro. Untuk menghilangkan jejak, plat nomor langsung diganti B 1318 POR oleh kawanan pelaku tersebut.

Ketiga pelaku yang ditembak kalinya itu bernama Suprianto (38), warga Dusun Besukan, Desa Karangbendo, Kecamatan Tekung, Lumajang. Kemudian Subhan (39), warga Dusun Sekarwadung, Desa Karangbendo, Kecamatan Tekung, Lumajang.

“Yang ketiga Masudi (38), warga Dusun Krajan, Desa Karangbendo, Kecamatang Tekung, Lumajang. Ketiga pelaku yang kami lumpuhkan ini eksekutor pencurian mobil,” beber Ujung.

Sedang dua orang sebagai penadah yang turut diciduk yakni Supar (52), warga Dusun Galingan, Desa Boring, Kecamatan Lumajang dan Supi’i (48), Desa Kunir, Kecamatan Kunir, Lumajang.

Menurut Ujung, keduanya adalah makelar dari ketiga tersangka yang ditembak. Tugasnya, menjualkan mobil kepada orang lain. “Modus kawanan tersangka ini mencari mobil yang diparkir depan rumah. Kemudian eksekutornya memotong pagar besi atau mencongkel jendela untuk masuk kedalam. Setelah mobil berhasil dijarah, di tengah jalan pelaku mengganti plat nomer yang asli dengan plat nomer palsu,” tegas Ujung.

Sementara itu, Eko salah satu korban mengaku, saat kejadian pada Selasa (24/9/2018) dini hari, mobil diparkir di teras rumah. Sekitar pukul tiga dini hari, ia mendengar suara mobil. “Saya lalu bangun. Saya kejar mobil sudah dibawa kabur,” terang Eko.

Eko mengaku kawanan pencuri masuk ke rumah setelah mencongkel jendela. Kemudian mengambil kunci mobil disaku celana. “Terimakasih pada bapak Polisi yang sudah berhasil menemukan mobil saya. Mobil ini masih kredit pak, baru berjalan tiga bulan angsuran,” kata Eko