Pangdam I/BB: “Semangat Hijrah Adalah Kesetiaan, Loyalitas dan Keimanan”

Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan, Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah mengingatkan seluruh prajurit agar memahami makna hijrah dengan perubahan perilaku ke arah yang lebih baik. “Semangat hijrah itu sebagai penegasan loyalitas, kesetiaan, dan keimanan atas ridho Allah. Tujuannya adalah perubahan perilaku kepada yang lebih baik,” tegas Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah saat peringatan Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah di Masjid At-Taqwa Makodam I/BB, Jalan Gatot Subroto Medan, Rabu (12/9/2018).

Di hadapan para prajurit dan keluarga besar Kodam I/BB, Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah menyebut bahwa peringatan Tahun Baru Islam bukanlah sekadar kegiatan seremonial semata. “Bukan sekadar seremonial, tapi untuk menggali hikmah yang terkandung di dalamnya. Banyak makna strategis bagi kehidupan umat Islam, termasuk kehidupan sebagai prajurit yang bisa didapat dalam semangat hijrah,” tuturnya.

Pangdam I/BB ini juga menamsilkan semangat hijrah yang dinukilkan Al Qahthani. “Menurut Al Qahthani, hijrah berhubungan erat dengan Al Wala’ Wal Bara’. Yaitu loyalitas dan kecintaan sebagai manifestasi yang paling penting dalam kehidupan prajurit. Karena menyangkut ketepatan sikap prajurit dalam memberikan rasa kesetiaan dan pembelaan terhadap tetap tegaknya kedaulatan NKRI,” urai Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah.

Selain itu, ujar Pangdam I /BB, semangat hijrah juga menyangkut ketepatan prajurit dalam memutus hubungan atau ikatan hati dengan perilaku yang bertentangan dengan norma-norma hukum yang berlaku.

“Salah satu contoh, prajurit yang cinta terhadap narkoba. Dengan hijrah, maka akan memutus hubungan cintanya dengan narkoba. Tidak lagi menggunakan atau mengedarkan narkoba, dan selanjutnya akan memutus juga hubungan dengan perilaku-perilaku buruk lainnya,” paparnya.

Pangdam I/BB juga menyinggung tema acara Peringatan Tahun Baru Islam kali ini. Temannya yakni ”Dengan Hikmah Peringatan Tahun Baru Islam Tahun 1440 Hijriah/2018 Masehi, Kita Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan kepada Allah SWT Guna Membentuk Prajurit TNI AD yang Militan, Loyal, dan Profesional”.

“Sehubungan dengan tema ini, yang perlu mendapat perhatian kita adalah menjaga konsistensi nilai-nilai moral dalam kehidupan Prajurit. Penegasan atas kecintaan dan kesetiaan serta ketaatan dengan peningkatan etos kerja dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI AD, khususnya Kodam I/BB,” jelas abituren Akmil 1988 ini.

Turut hadir dalam acara, antara lain Kasdam I/BB, Irdam I/BB, para Staf Ahli Pangdam I/BB, Asrendam I/BB, para Asisten Kasdam I/BB, LO TNI AL, LO TNI AU Kodam I/BB, para Kabalakdam I/BB, para Staf Khusus Pangdam I/BB, para Dansat BS wilayah Medan dan Ketua Persit KCK PD I/Bukit Barisan beserta pengurus serta penceramah Al Ustadz Muhammad Yasir, SPdI, MPdI. (Pendam I/BB / Zainul Arifin Siregar)