Bui 6 Tahun 6 Bulan Buat Mantan Bupati Subang Imas Ayuningtyas

Bupati Subang non aktif Imas Aryumningsih menjalani sidang putusan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Bandung, Jawa Barat, Senin (24/9/2108). Dalam sidang tersebut, Majelis Hakim memutuskan Imas Aryumningsih dengan hukuman enam tahun enam bulan penjara, denda 500 juta subsider tiga bulan kurungan atas kasus dugaan suap perizinan lokasi di Kabupaten Subang.

Imas dinyatakan bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berkelanjutan sebagaimana diatur dalam dakwaan alternatif pertama yaitu Pasal 12 a Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 dan Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Atas putusan tersebut kuasa hukum eks Bupati Subang, Alex Edward menyatakan pikir-pikir. Alasan Alex, vonis majelis hakim tersebut dianggap terlalu berat karena tidak sesuai dengan fakta dalam persidangan sebelumnya.

“Yang menerima uang itu kan rata-rata bawahan. Yang terbukti di persidangan yang diakui sama Ibu, untuk kepentingan sumbangan bersalawat,” kata Alex di Pengadilan Tipikor Bandung.

Dia mengaku akan mengoptimalkan waktu selama sepekan yang diberikan oleh majelis hakim untuk memikirkan langkah hukum selanjutnya untuk Imas Aryumningsih. Selain menjatuhkan vonis dan denda, majelis hakim juga menyatakan Imas diharuskan membayar uang pengganti lebih dari Rp 410 juta.

Jika setelah satu bulan keputusan tidak sanggup membayar, maka diganti dengan disitanya harta benda terdakwa atau diganti kurungan penjara selama satu tahun. Menurut Alex, uang itu diterima Usman senilai Rp 300 juta dan diberikan Rp 150 juta kepada Bupati Subang.

“Pengeluaran uang (dari Imas) itu Rp 110.022.000. Nah itu uang untuk kepentingan sewa mobil, untuk branding, kawan-kawan diluar ini dibebankan kepada Beliau,” ujar Alex.