Wakapolri Komjen Syafruddin Jadi Menpan, Dilantik Hari Ini

Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komisaris Jenderal Polisi Syafruddin membenarkan dirinya diangkat menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

Rencananya pelantikan Syafruddin menjadi Menpan RB akan dilakukan hari ini di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/8/2018).

“Menteri benar,” kata Syafruddin saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Syafruddin mengatakan calon pejabat yang akan menggantikan posisinya sebagai Wakapolri belum ada.

“Wakapolri belum ada,” ujar Syafruddin.

Sebelumnya, kader Partai Amanat Nasional (PAN) Asman Abnur secara resmi mengundurkan diri sebagai Menpan RB. Keputusan Asman itu terkait sikap politik PAN yang mendukung Bakal Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Undangan pelantikan tersebut sudah disampaikan ke sejumlah petinggi lembaga negara. Salah satunya Ketua DPR Bambang Soesatyo. Bambang juga membenarkan bahwa pejabat yang akan dilantik menjadi Menpan dalam undangan tersebut adalah Syafruddin.

“Ya benar. Saya baru mendapat kabar dari kantor besok pagi jam 10 ada undangan pelantikan Menteri kabinet kerja sisa jabatan 2014-2019 oleh Presiden RI di Istana Negara,” ujar Bambang saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (14/8).

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto saat dikonfirmasi apakah sudah ada undangan ke Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengaku belum mengetahui. Namun ia menegaskan jika pun iya, itu adalah hak prerogratif Presiden Jokowi.

“Ya kan kita liat bsok aja apakah siapa yang diplih presiden setelah itu kita beri tanggapan tapi itu hak prerogratif Presiden,” kata Hasto saat ditanyai di Media Center Koalisi Jokowi-Ma’ruf, Jalan Cemara, Menteng, Jakarta.