Viral, Aksi Heroik Siswa SMP dan TNI Selamatkan Pengibaran Merah Putih Saat HUT ke-73 RI

Video aksi heroik siswa SMP dan oknum TNI memanjat tiang bendera saat upacara HUT ke-73 RI, cepat viral di media sosial. Bocah SMP bernama Joni Kala memanjat tiang bendera yang menjulang tinggi karena talinya lepas saat Pasukan Pengibar Bendera hendak mengibarkan sang Merah Putih di Kabupaten Belu. Aksi serupa juga dilakukan Serma Timbul Prawoto di lapangan Barepan Cawas Kabupaten Klaten.

Dari video yang beredar, terlihat Joni memanjat tiang yang cukup tinggi. Dia memanjat dengan cekatan di saat peserta upacara masih berbaris rapi. Upacara itu digelar di tingkat Kabupaten Belu, NTT. Tali terputus saat pengibar bendera hendak mengerek bendera. “Pertama, bendera itu akan dikibarkan Paskibra. Sudah diikat talinya semua, saat Paskibra akan menarik bendera untuk dikibarkan, tali yang ada di ujung bendera itu putus. Sehingga tali itu langsung tersangkut di ujung tiang,” kata Kepala Desa Silawan Ferdi Mones, Jumat (17/8/2018).

Joni Kala, siswa SMP Belu memanjat tiang bendera agar pengibaran Merah Putih terlaksana saat peringatan HUT ke-73 RI

Setelah itu, secara spontan, Joni, yang merupakan peserta upacara, maju dan langsung memanjat tiang bendera. Ia merupakan siswa SMPN Silawan, Kabupaten Belu yang merupakan perbatasan antara Indonesia dan Timor Leste.

Aksi  heroik  juga dilakukan Serma Timbul Prawoto Babinsa Koramil 20 Cawas Kodim 0723/Klaten. Ia menyelamatkan tali bendera yang lepas saat upacara HUT  Kemerdekaan  ke 73 di lapangan Barepan Cawas Kabupaten Klaten.

Awalnya semua berjalan lancer, hingga petugas bendera mendekat ke arah tiang bendera. Saat akan membentangkan bendera Merah Putih, cincin kait bagian atas yang sudah dikaitkan ke ujung bendera, tanpa dinyana terlepas dan tertarik ke atas hingga naik sampai ujung tiang. Praktis bendera merah putih tidak dapat dikibarkan.

Serma Timbul Prawoto cekatan memanjat tiang untuk pengibaran bendera Merah Putih saat upacara HUT ke-73 Kemerdekaan RI di Kabupaten Klaten

Melihat kejadian itu, Serma Timbul Prawoto yang menjabat sebagai Perwira Upacara yang tidak begitu jauh dari tiang bendera, langsung secara spontan memanjat tiang bendera untuk meraih tali yang terlepas.

Berkat kesigapan Serma Timbul Prawoto tersebut, pengibaran bendera Merah Putih dapat dilanjutkan pas saat lagu kebangsaan Indonesia Raya selesai. Bendera Merah Putih dapat sampai di tiang tertinggi.

Ternyata aksi heroik Serma Timbul Prawoto dan Joni Kala sempat diabadikan oleh seorang peserta upacara. Videonya pun di unggah ke media sosial hingga menjadi viral.  Banyak warga net yang memuji aksi tersebut dan memberikan aprisiasi atas tindakan cekatan Serma Timbul Prawoto dan Joni Kala. (Zainul Arifin Siregar)