Untuk Amankan Kirab Asian Games, Polres Garut Siagakan Pasukan

Kepolisian Resor Garut menyiapkan pasukan sebanyak 1.500 personel dari unsur kepolisian dan TNI untuk mengamankan serta mengawal kegiatan Kirab Obor Asian Games 2018 yang akan dilaksanakan di kawasan perkotaan Kabupaten Garut, Jawa Barat, 12 sampai 13 Agustus 2018.

“Kekuatan personel ada 1.500 orang untuk mengamankan Kirab Obor Asian Games nanti,” kata Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Budi Satria Wiguna saat acara persiapan penertiban premanisme di wilayah Garut, Selasa.

Ia menuturkan, kepolisian bersama TNI dan unsur pengamanan pemerintah daerah sudah siap untuk mengamankan dan menjaga agar Kirab Obor Asian Games di Garut berjalan lancar dan aman.

Seluruh personel yang akan disiapkan, kata dia, akan disebar ke seluruh titik, mulai dari jalur kedatangan rombongan sampai tempat disimpannya api obor di kawasan Babancong, Pendopo Bupati Garut.

“Persiapannya sudah kami lakukan jauh-jauh hari, kami beserta TNI ada Kodim dan Batalyon menyambut kegiatan Asian Games 2018,” katanya,

Ia menyampaikan, selain dari kepolisian dan TNI, ada juga masyarakat dan komunitas-komunitas lainnya seperti seniman maupun musisi memberikan hiburan dalam rangkaian acara kirab tersebut.

“Selain kita menjaga keamanan, ada juga masyarakat dari kelompok seni dan musisi akan memeriahkan Kirab Obor Asian Games ini,” katanya.

Ia mengungkapkan, Kirab Obor Asian Games akan mulai disambut di perbatasan Bandung-Garut menggunakan kendaraan berikut pengawalan kepolisian, selanjutnya obor akan dibawa oleh pelari dari kawasan Sigobing sampai Pendopo Garut.

Jalan yang akan dilalui Kirab Obor itu, kata Budi, akan mendapatkan pengamanan sekaligus ada pengalihan jalur agar arus lalu lintas tetap lancar.

“Dalam rangka pengamanan tentu akan ada pengalihan arus, dan kami sudah siapkan semua,” katanya.

Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0611 Garut, Letkol Inf Asyraf Aziz menambahkan, jajarannya siap menerjunkan personel untuk membantu kepolisian dalam menjaga keamanan selama pelaksanaan Kirab Obor Asian Games di Garut.

“Seperti yang dikatakan Pak Kapolres kita gabungan ada sekitar 1.500 orang, dan kita harus dapat memberikan kesan aman untuk tamu, penekanannya sukses,” katanya.