Unggah Karikatur Ma’ruf Amin Dorong Mobil, Seorang Pria Dipolisikan

Di media sosial, seorang pria mengunggah karikatur Kiai Ma’ruf Amin sedang mendorong mobil yang di dalamnya dikemudikan oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri bersebelahan dengan Presiden Joko Widodo. Selain itu, ada pula kalimat yang menyatakan KH Ma’ruf Amin kerap tertukar sandal saat pergi ke masjid.

Unggahan inilah yang mendorong sekelompok masyarakat dari Organisasi Masyarakat Nahdlatul Ulama (NU) mendatangi Polres Tasikmalaya Kota pada Senin (13/8/2018). Kedatangan mereka dalam rangka melaporkan seorang pria yang diduga menghina Rais Aam PBNU Kiai Ma’ruf Amin di media sosial itu.

Perwakilan massa, Asep Rizal, mengaku menemukan adanya unggahan gambar dan kata dari pria berinisial DZS yang menghina Kiai Ma’ruf Amin pada Ahad (12/8) siang. Ia menilai, unggahan tersebut masuk kategori penghinaan bagi ulama.

“Saya merasa sakit hati, kok bisa-bisanya melakukan penghinaan pada ulama, saya merasa tersinggung juga sebagai warga Nahdliyin,” katanya kepada wartawan.

Ia melaporkan DZS atas tindak pidana Pasal 27 Ayat 3 juncto Pasal 45 (3) Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Kasus tersebut kini ditangani oleh Satreskrim Polres Tasikmalaya Kota. “Kami serahkan kasus ini sepenuhnya kepada pihak kepolisian, Indonesia kan negeri hukum,” ujarnya.